Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

Penemuan Bangsa China yg Terkenal


Orang Cina bertanggung jawab untuk beberapa penemuan yang paling produktif di seluruh sejarah. Penemuan itu bernama Four Great Inventions of Ancient China, yaitu kertas, kompas, mesiu, dan pencetakan telah berkontribusi banyak bagi masyarakat. Tetapi beberapa inovasi besar lainnya juga datang dari Cina selama bertahun-tahun. Ada yang mengejutkan, ada yang aneh, dan sebagian lagi keren.

===========
SUMBER 1
SUMBER 2
SUMBER 3
===========
Spoiler for Acupuncture:
Quote:
1. Acupuncture
Pengobatan tradisional China berupa praktek memasukkan jarum ke titik-titik tertentu dari tubuh dengan tujuan terapi dan menghilangkan rasa sakit, pertama kali disebutkan dalam catatan Huangdi Neijing Abad ke-3 sampai 2 SM. Jarum akupunktur tertua terbuat dari emas, ditemukan dalam makam Liu Sheng (113 SM)

Spoiler for Paper Currency:
Quote:
2. Paper Currency
Mata uang kertas pertama kali dikembangkan di Cina selama dinasti Tang (618-907) sesuai dengan keinginan pedagang yang ingin menghindari penggunaan sebagian besar uang tembaga dalam transaksi komersial yang besar. Pemerintah Pusat mengadopsi sistem ini pada masa Dinasti Song (960-1279 M)


Spoiler for Bell:
Quote:
3. Bell
Dibuat pertama kali dari keramik dan perunggu, digunakan karena kemampuannya menghasilkan Suara dan digunakan untuk ritual budaya.


Spoiler for Belt Drive:
Quote:
4. Belt Drive
Sabuk mekanis, dengan roda yang besar dan katrol kecil, pertama kali disebutkan oleh penulis Dinasti Han Yang Xiong pada 15 SM, digunakan untuk mesin yang mengolah serat sutra menjadi benang


Spoiler for Blast Furnace:
Quote:
5. Blast Furnace
Meskipun alat-alat besi cor dan senjata telah ditemukan di Cina disebutkan berasal dari abad ke-5 SM, namun tanur Cina ditemukan paling awal, yang menghasilkan besi kasar yang dapat disempurnakan sebagai besi cor, sekitar abad ke-3 dan ke-2 SM.


Spoiler for Cast Iron:
Quote:
6. Cast Iron
Menurut sumber-sumber arkeologi yang tersedia, Cast iron (terbuat dari besi meleleh) telah dikembangkan oleh Cina pada awal abad ke-5 SM selama Dinasti Zhou (1122-256 SM). Cina mampu memegang besi pada temperatur tinggi selama seminggu di abad ke-3 SM. Cina mengembangkan proses pemurnian besi menjadi baja pada abad ke-2 SM. Menarik mereka membuat suatu proses yang dinamakan sebagai "Seratus metode pemurnian" di mana karbon akan dihapus dari besi dengan menyuntikkan oksigen ke permukaan ledakan. Mereka mengulangi proses ini berkali-kali, maka nama itu. Produk akhir dari proses ini memiliki kekuatan yang sangat baik dan dapat menyelenggarakan di tepi pedang. Pekerja Cina membuat berbagai jenis logam zaman modern saat itu


Spoiler for Chrome Plating:
Quote:
7. Chrome Plating
Penggunaan kromium ditemukan di Cina tahun 210 SM, ketika Angkatan Darat Terakota berada di sebuah situs tidak jauh dari Xi'an modern. Arkeolog menemukan bahwa panah berujung perunggu di lokasi tidak menunjukkan tanda-tanda korosi setelah lebih dari 2.000 tahun. Alasannya adalah bahwa orang Cina telah melapisi perunggu ujung panah mereka dengan krom.


Spoiler for Fermented Beverages:
Quote:
8. Fermented Beverages
Tes kimia pada guci keramik berumur 9.000 tahun telah mengungkapkan adanya minuman fermentasi dari buah hawthorn dan anggur, madu, dan beras.


Spoiler for Fireworks:
Quote:
9. Fireworks
Kembang api pertama kali muncul di Cina pada masa Dinasti Song (960-1279), dalam masa - masa awal ditemukannya mesiu. Masyarakat umum di era Song dapat membeli kembang api sederhana dari vendor pasar yang terbuat dari batang bambu yang penuh dengan bubuk mesiu.


Spoiler for Fishing Reel:
Quote:
10. Fishing Reel
Dikenal pada penggambaran pancing nelayan berasal dari sebuah lukisan yang dilakukan pada 1195 oleh Ma Yuan yang disebut "Angler on a Wintry Lake" menunjukkan seorang laki-laki yang duduk di atas perahu sampan kecil mengayunkan pancing-nya.


Spoiler for Food Steamer:
Quote:
11. Food Steamer
Menggunakan uap untuk memasak diawali oleh tembikar bejana dikenal sebagai yan steamer. Sebuah Yan terdiri dari dua bejana, sebuah Zeng dengan lantai berlubang di atas panci atau ketel dengan tripod dasar dan atas penutup. Sebuah bejana yan berasal dari sekitar 5000 SM adalah yang tertua ditemukan hingga saat ini


Spoiler for Fork (the utensil):
Quote:
12. Fork (the utensil)
Walaupun terkenal dengan sumpit, garpu telah ditemukan di situs pemakaman yang berasal dari Zaman Perunggu awal Qijia(2400-1900 SM).


Spoiler for India Ink:
Quote:
13. India Ink
India tinta, campuran antara jelaga dari asap pinus dan lampu minyak, dicampur dengan gelatin dari kulit keledai dan musk, diciptakan oleh Tein-Lcheu, seorang filsuf Cina pada 2697 SM, namun ia menjadi populer sekitar tahun 1200 SM ini dirancang untuk pingsan permukaan mengangkat batu-ukiran hieroglif.


Spoiler for Winnowing Fan:
Quote:
14. Winnowing Fan
Banyak orang berpikir bahwa rotari udara AC kipas diciptakan oleh Din Huan di 180 AD. Tetapi sumber-sumber arkeologi menyatakan bahwa putaran kipas menampi dilakukan pada saat Dinasti Han (202 SM - 220 AD) untuk memisahkan sekam dari gandum.


Spoiler for Lacquer:
Quote:
15. Lacquer
Dibuat dari bahan kimia yang diekstrak dari pohon Lac ditemukan di Cina, pernis telah digunakan pada segala sesuatu dari mangkuk ke peti mati kayu.


Spoiler for Land Mine:
Quote:
16. Land Mine
Bukti menunjukkan bahwa penggunaan pertama dari sebuah ranjau darat dalam sejarah ini oleh seorang brigadir jenderal yang dikenal sebagai Lou Qianxia untuk membunuh tentara Mongol yang menyerang Guangxi di 1277.


Spoiler for Negative Numbers:
Quote:
17. Negative Numbers
Sembilan Bab pada Matematika Seni dikumpulkan selama Dinasti Han pada 179 AD menunjukkan angka negatif sebagai batang hitam dan bilangan positif sebagai batang merah di Cina untuk menghitung sistem batang.


Spoiler for Noodles:
Quote:
18. Noodles
Penggalian arkeologi telah mengungkapkan 4.000 mi berusia tahun yang terbuat dari padi-padian di Cina.

0 comments:

Posting Komentar