Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

Apa sih penyebab cantengan dan gimana cara nyembuhin cantengan

[031509_dead_nail.jpg]



Cantengan atau paronychia adalah kondisi saat kuku masuk ke dalam jaringan, pada sela-sela kuku kaki dan kulit.

Kondisi ini biasanya terjadi pada jari jempol kaki yang pertumbuhan kuku bagian sisinya tdk keluar tapi tumbuh dalam lipatan bantalan kuku. Bisa juga disebabkan karena tertusuk duri kecil, menggunting kuku yang terlalu pendek, kaki sering basah, berkumpulnya kotoran atau kaus kaki yang lembab.

Akibatnya timbul rasa sakit, bahkan bernanah. Bila tidak segera diobati, cantengan bisa menyebabkan kuku lepas dengan sendirinya.



Untuk mengatasi keluhan tersebut, gampang2 saja. 1. Usahakan selalu membersihkan kuku dengan hati2 secara berkala, 2. Pakailah alat pembersih kuku yang biasanya terdapat dalam alat potong kuku konvensional, 3. Pertolongan pertama untuk cantengan, potong ujung sisi kuku yang menusuk kulit jari kaki, memang sakit, tapi setelah terpotong, sakitnya tdk lama akan langsung hilang, 4. Apabila mengalami pembengkakan, bersihkan luka dan kompres dengan Rivanol atau antibiotik lainnya.

Semoga membantu.

1 comments:

obat kuku mengatakan...

cantengan sampai terjadi kuku bau dan bernanah umumnya disebabkan oleh kuman atau bakteri yang bersarang dalam kuku, pengobatan dengan alkohohol atau betadine tidak mampu membunuh kuman tersebut, karna sdh sy coba tdk sembuh sembuh, baunya juga tetap semerbak. hehehe... terakhir aku pakai salep anti jamur kulit... itu baru manjur. kalau ada yang mau coba silahkan walking di blogku

Poskan Komentar