Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

Ginza, Daerah Belanja Kelas Atas Tokyo

Pada sebuah Sabtu saya mengunjungi daerah Ginza, daerah perbelanjaan kelas atas di Tokyo (kalau di LA, seperti Rodeo Drive Beverly Hills). Dari tempat saya menginap di Asakusa, saya tinggal naik jalur oranye (Metro Ginza line) dan langsung turun di stasiun Ginza.






Setiap akhir pekan pada April hingga September, jalan yang membelah Ginza ditutup dan dikhususkan bagi pejalan kaki. Terdapat beberapa tenda dan bangku untuk beristirahat. Nah, di sinilah kesempatan saya melihat gaya hidup keseharian penduduk setempat.

Yang paling menarik disimak tentu gaya pakaian. Amat berbeda dari para anak muda di Harajuku. Warga di sini kebanyakan sudah mapan sehingga pilihan warna dan potongan baju mereka terlihat lebih mahal dan berkelas.




Di pinggir jalan banyak beberapa pengamen jalanan atau seniman jalanan lainnya seperti pesulap atau pantomim dan pedagang kaki lima yang menjual mainan anak-anak. Lumayan menjadi hiburan mata. Beberapa pengendara sepeda juga berseliweran.

Jika mengunjungi Ginza, bersiap-siaplah kagum dengan tampilan di setiap jendela toko-toko mewah. Desain kerap berubah mengikuti musim dan produk baru. Beberapa toko sukses membuat saya berhenti sejenak untuk menikmati desain jendela toko mereka. Mikimoto, desainer perhiasan dari mutiara sekaligus pencipta mutiara warna warni yang sering mensponsori ajang Mrs. Universe ini sengaja membuat taman kecil di depan dan boks jendela kecil yang membuat orang penasaran untuk mengintip.



Selain itu, Apple dengan desain toko serba metalik seolah menggambarkan kotak dari masa depan juga sulit untuk ditolak magnetnya. Terletak di persimpangan Chuo Dori dan Matsuyama Dori, toko dengan tujuh lantai ini adalah surga bagi penggemar produk Apple — dengan bioskop khusus yang memutar video tutorial produk-produk Apple.

Selain butik, pusat perbelanjaan mewah seperti Matsuya, Hankyu, dan Printemps (pusat perbelanjaan lisensi dari Perancis) berjejeran juga di sepanjang Chuo Dori. Saya memilih hanya memasuki Matsuya untuk menikmati suasananya. Selebihnya cukup ditelusuri dari depan, menikmati berbagai pajangan di jendela depan.



Di salah satu persimpangan jalan dengan Chuo Dori ini, ada satu jalan dengan jejeran pohon buah ceri (bahasa Jepangnya, Sakura) yang kebetulan sedang berbunga. Saya lebih menikmati merekahnya bunga Sakura dengan alasan sederhana, karena di negara sendiri tidak bisa mengalami hal seperti ini.




Setelah lelah menyusuri Chuo Dori, saya sempat mengalami dilema. Menghabiskan malam dengan menonton film atau mengisi perut sambil ngaso sebentar di salah satu restoran?

Soalnya, rekomendasi dari teman, salah satu yang harus dicoba di Ginza ini adalah menonton di salah satu bioskop di situ. Namun, saya kemudian membatalkan niat menonton setelah melihat semua film yang diputar film berbahasa Jepang tanpa teks bahasa Inggris.

Saya pun menghabiskan malam di Ginza dengan menyantap udon termahal yang pernah saya makan, yaitu unadon (udon belut) seharga Rp 275 ribu di salah satu restoran.

sumber : http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/262-ginza-daerah-belanja-kelas-atas-tokyo

Makanan Khas dari Jepang

Domburimono

Hidangan ini terdiri dari sebuah mangkuk (domburi) beras ditutup dengan berbagai lauk seperti daging sapi rebus (Gyudon), ayam dan telur (oyakodon), udang goreng (tendon) atau daging babi goreng dan telur ( katsudon) dengan sup tahu dan acar.
Mereka sering makan ini karena harganya lebih terjangkau,


Tempura

tempura adalah Seafood atau sayuran yang dicelupkan ke dalam adonan dan digoreng, tempura disajikan dengan saus dan daikon. Kata "Tempura" berasal dari Portugis 'tempero' ( saus) dan hidangan ini berasal dari pertengahan abad ke-16, ketika Portugis dan budaya Spanyol pertama kali diperkenalkan ke Jepang.
Ini mknan yg paling gw suka nih..hehe

Sukiyaki

Ini adalah sup sayuran lezat dgn daging sapi yang dimasak dengan Nabe besar dan dicelupkan ke dalam semangkuk telur mentah yang telah hancur
Sayuran biasanya digunakan adalah daun bawang, jamur shiitake dan daun krisan (shungiku). Juga ditambahkan adalah tahu dan mie (shirataki) dan bahan dimasak dalam saus yang terbuat dari kecap, gula dan sake manis (mirin).


Shabushabu
Untuk hidangan ini, kita bisa mencelupkan irisan tipis daging sapi dalam panci berisi air mendidih selama beberapa detik dan kemudian daging sapi tadi dicelupkan ke dalam saus wijen (goma dare) sebelum kita makan.
Kemudian, sayur-sayuran seperti jamur Enoki dan kubis cina, tahu dan shirataki ditambahkan. Ketika dimasak, makanan ini dicelupkan ke dalam saus kecap dan jeruk (ponzu). Setelah daging sapi dan sayuran telah selesai, udon dapat ditambahkan ke dalam panci dan
dimakan dengan tambahan Penyedap lain seperti kaldu, bawang putih, lokio dan daikon. Ini merupakan makanan yg paling Ekonomis di jepang

Okonomiyaki

Ini dapat digambarkan sebagai kue Jepang yang gurih. Sayuran dan daging cincang atau seafood yang dicampur dengan adonan dan dimasak di atas wajan. Seperti kue yang lain, Okonomiyaki bisa dibalik agar matang di kedua sisinya.kemudian diatasnya dilumuri dengan saus khusus dan mayones dan ditaburi nori dan ikan kering serpih (katsuobushi) maupun telur goreng.

Yakitori

Yakitori itu sendiri seperti sate. terdiri dari potongan ayam, termasuk jantung, hati dan tulang rawan yang dimasak dengan tusuk daging dimasak di atas panggangan arang. Cara ini juga dimasak di restoran yakitori (yakitoriya) adalah berbagai macam sayuran seperti paprika hijau (piman), bawang putih (ninniku) dan bawang merah(Negi).
Orang jepang menyukai rasa yang tajam baik menggunakan saus (tare) atau garam (shio). Menu tersebut akan biasanya mengandung berbagai makanan lain juga. Yakitoriya merupakan makanan ringan untuk menemani orang jepang saat minum.

Mie ramen

adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari Cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (soba dari Cina?) atau shina soba karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.
Ramen adalah makanan rakyat banyak di Jepang. Kuah ramen mempunyai banyak sekali variasi rasa yang ditentukan oleh jenis kaldu yang digunakan, bumbu dan lauk yang ditambahkan di atas mi. Bahan-bahan produksi lokal dari berbagai daerah sering digunakan untuk menghasilkan rasa lokal yang khas dan disukai penduduk setempat.

Kaldu untuk kuah bisa diambil dari campuran berbagai bahan seperti tulang babi, tulang sapi, tulang ayam, katsuobushi, sababushi, niboshi, konbu, kacang kedelai gongseng, shiitake, bawang bombay atau daun bawang.Ramen bisa digolongkan berdasarkan jenis-jenis kuah misalnya kuah rasa kecap asin, kuah rasa tonkotsu (tulang babi), rasa shio (garam), dan rasa miso

Teriyaki

teiyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran 1:1:1.
Kata teriyaki berasal dari kata teri yang artinya bersinar (karena mengandung gula), dan kata yaki yang artinya dibakar atau dipanggang. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

Takoyaki

Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.
Takoyaki dengan isi yang disukai penduduk setempat (kadang-kadang tanpa gurita) berusaha diperkenalkan di negara-negara yang penduduknya merasa ngeri memakan gurita

Dorayaki

Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.
Di Indonesia, makanan penganan ini mulai diperkenalkan di Indonesia bersamaan dengan anime Doraemon. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki yang dijual di toko kue di Indonesia rasanya sudah disesuaikan dengan selera lokal seperti dorayaki berisi campuran coklat dan keju. Dorayaki juga dikenal di Indonesia dengan sebutan Obanyaki.
Di Jepang, Obanyaki lebih dikenal dengan nama Imagawayaki. Walaupun Obanyaki mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Dorayaki, kue Obanyaki lebih tebal dibandingkan dengan Dorayaki.


Onigiri
Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut Onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.
Di Indonesia, Onigiri bisa dijumpai di bagian makanan Jepang toko swalayan terkemuka dan di restoran yang menyediakan makanan Jepang. Di negeri Tiongkok, Onigiri dikenal dengan nama fàntuán



Sushi
Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.
Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake. Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).



Ochazuke
Ochazuke atau chazuke adalah nama makanan Jepang atau cara makan berupa nasi putih dengan lauk sekadarnya yang dituangi air teh hijau, dashi atau air panas. Yūzuke adalah sebutan lain untuk nasi yang dituangi air panas.
Lauk diletakkan di atas nasi sebelum dituangi air teh (teh hijau atau hōjicha), dashi atau air panas. Lauk yang digunakan misalnya umeboshi, tsukemono, shiozake, nori, tsukudani, shiokara, wasabi, tarako (mentaiko).
Ochazuke merupakan makanan pengisi perut misalnya di antara dua waktu makan atau sewaktu masih lapar sebelum tidur. Di rumah makan tradisional atau di pemandian air panas, tamu sering ditawari ochazuke untuk menetralkan rasa pada mulut sehabis menikmati makanan mewah yang enak-enak.


Donburi
Donburi adalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.


Mochi
Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun.


Dango
Dango adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.
Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.


Sashimi
Sashimi adalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.
Makanan laut segar seperti ikan, kerang, dan udang karang dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan, sedang udang berukuran kecil ada yang hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya saja.
Tsuma adalah sebutan untuk bahan makanan penyerta yang bisa berupa lobak yang dipotong panjang-panjang dengan ukuran sangat halus, daun berwarna hijau yang disebut Oba (Aojizo), atau rumput laut seperti Wakame dan Tosakanori.
Sashimi juga berarti menikmati sesuatu dalam keadaan mentah, mulai dari potongan mentah daging Kuda (Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi, sampai pada potongan Konnyaku dan kembang tahu yang disebut Yuba.
Di daerah Kansai, sashimi lebih dikenal dengan sebutan O-tsukuri.


Nabe
Nabe adalah jenis masakan Jepang yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas yang ada di atas meja. Sambil dimasak menggunakan panci atau wadah dari keramik bernama donabe, dan makanan dihidangkan di atas meja makan langsung bersama pancinya.
Masakan nabe termasuk jenis masakan steamboat yang dihidangkan untuk beberapa orang sekaligus yang duduk mengelilingi panci berisi hidangan utama. Makanan diambil sendiri dari panci oleh orang ingin memakannya, dan dipindahkan ke mangkuk milik sendiri sebelum dimakan. Selain disebut Naberyōri, makanan jenis ini juga disebut Nabemono. Makanan ini populer sebagai makanan musim dingin di Jepang.
Sebelum zaman Edo, orang Jepang memiliki budaya makan "satu orang satu nampan". Pada waktu itu, masakan nabe dihidangkan untuk satu atau dua orang. Pada zaman Meiji, masakan nabe menjadi begitu populer, terutama masakan nabe daging sapi yang disebut gyūnabe

Sejarah Gelap Diskriminasi Masyarakat Jepang

Jepang merupakan salah satu negara termaju di dunia dari segi ekonomi, pendidikan dan teknologi. Kerja keras dan semangat pantang menyerah merupakan ciri khas bangsa Jepang, sehingga terkenal dengan tingkat gila kerja yang tinggi. Semua itu sepadan jika melihat bagaimana kondisi negara dan masyarakatnya yang maju dan sejahtera seperti sekarang.Namun tahukah agan dan sista jika di Jepang ada suatu masalah diskriminasi yang masih tersisa dan mendarah daging dalam masyarakatnya, bahkan hingga saat ini?

Walau sekarang tidak mencolok tapi pembedaan terutama dalam perkimpoian dan pekerjaan masih ada terutama di luar wilayah Kansai.

SEJARAH KAUM ETA
Kaum Eta dalam masyarakat feodal Jepang adalah kaum yang menempati strata paling rendah dalam masyarakat. Bahkan mereka dianggap tidak layak menempati salah satu kasta yang ada. Hal ini disebabkan karena dalam agama Buddha dan Shinto (di Jepang) pekerjaan mereka termasuk dalam pekerjaan yang menjijikkan. Pekerjaan kaum Eta adalah segala yang berkaitan dengan penyembelihan hewandan urusan kematian. Penyembelih hewan, pengurus pemakaman, algojo, penyamakan kulit adalah pekerjaan umum dari kaum Eta.

Eta secara harafiah berarti "orang-orang kotor/menjijikkan" (filthy mass, abundance of filth). Ini dikaitkan dengan pekerjaan mereka tadi. Karenanya kaum Eta tidak boleh hidup bersama dengan "orang normal" dan harus tinggal didaerah terbuang.


DISKRIMINASI TERHADAP ETA

Tidak boleh hidup berdampingan dengan kasta lain, jadi tinggal di daerah buangan.
Pekerjaan hanya seperti yg disebut diatas, urusan kematian, algojo, hewan sembelihan,penyamakan kulit. Positifnya, profesi-profesi ini menjadi monopoli kaum Eta hingga banyak yg jadi berkecukupan dari sini
Tidak berhak memiliki sawah. Positifnya, karena pajak berdasar kepemilikan lahan pertanian (beras) maka kaum Eta bebas pajak.

Tidak berhak beribadah dikuil yg umum. Hanya dikuil yg disediakan khusus untuk mereka
Penamaan dalam agama Buddha acapkali dengan kata binatang, rendah hati, hina, hamba, dan ekspresi menghina lainnya dalam huruf kanji.

Bila dihadapan orang berkasta harus sopan dan merendahkan diri. Pada tahun 1869 bahkan dikatakan nilai orang Eta adalah 1/7 orang umum di Jepang.
Tidak boleh menikahi orang berkasta.


KAUM BUANGAN selain Eta yang mencolok adalah: HININ (bukan manusia)
Definisi hinin, serta status sosial mereka dan pekerjaan khas bervariasi dari waktu ke waktu, tetapi biasanya termasuk mantan narapidana dan gelandangan yang bekerja sebagai penjaga kota, pembersih jalan atau penghibur


KAWARAMONO (kering, orang sungai)

Beberapa orang buangan juga disebut kawaramono (kering, orang sungai) karena mereka tinggal di sepanjang tepi sungai yang tidak bisa diubah menjadi sawah.

BURAKUMIN
Burakumin adalah sebutan untuk orang Jepang yang merupakan keturunan kaum terbuang, terutama Eta, Hinin dan Kawaramono.
Secara harafiah Burakumin berarti "Orang-orang pemukiman kecil" dimana hal ini merujuk pada pemukiman kaum Eta yang terpisah dari kasta lain dalam masyarakat feodal.
Istilah Burakumin ini secara de jure (legal) ada hingga dihapuskannya sistem kasta di tahun 1871 seiring semangat persamaan di Era Restorasi Meiji (mulai 1869), namun secara de facto hingga sekarang diskriminasi terhadap Burakumin masih ada.

DISKRIMINASI TERHADAP BURAKUMIN MASIH BERLAKU HINGGA SEKARANG WALAU TERSAMAR

Dalam daftar warga ditulis kyu-eta (mantan eta), lalu diganti shin-heimin (warga baru) dan terakhir pada 1900an tokushu-buraku (pemukiman khusus). Sekarang sudah tidak dipakai lagi.
Diskriminasi dalam pekerjaan. Walau saat ini keturunan burakumin bisa bekerja dimana saja, namun posisi jabatan yang tinggi tidak bisa mereka duduki.
Diskriminasi dalam pernikahan. Yang paling toleran adalah wilayah Kansai (kecuali Osaka, Kyoto, Hyogo. Dan di Hiroshima).Keluarga kolot tidak memperbolehkan anak mereka menikah dengan keturunan burakumin. Menyewa jasa penyelidikan asal-usul adalah hal biasa di Jepang, walau sekarang adalah hal ilegal. Di Kansai saat ini 60%-80% keturunan burakumin menikah dengan non-burakumin. pda tahun 1960an hanya 10%.
Tetapi di Osaka, Kyoto, Hyogo dan Hiroshima, stigma masih ada. Burakumin dianggap biang kemelaratan, pengangguran dan kriminal.
Anggota Yakuza, 60% adalah Burakumin menurut pengakuan seorang mentan anggota intelijen jepang Mitsuhiro Sugnuma. Anggota Yamaguchi-gumi (Yakuza terbesar) 70% nya adalah Burakumin, menurut David E. Kaplan dan Alec Dubro dalam bukunya Yakuza: The Explosive Account of Japan's Criminal Underworld (Reading, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Co., 1986.



PENYEBAB DISKRIMINASI TERHADAP BURAKUMIN TERPELIHARA KOSEKI
Adalah registri keluarga Jepang. Hukum Jepang mengharuskan semua rumah tangga Jepang untuk melaporkan kelahiran, pengakuan dari ayah, adopsi, gangguan dari adopsi, kematian, perkimpoian dan perceraian warga Jepang ke otoritas lokal mereka, yang mengkompilasi catatan tersebut mencakup semua warga negara Jepang dalam yurisdiksi mereka. Pernikahan, adopsi dan pengakuan dari ayah menjadi hukum yang efektif hanya bila peristiwa tersebut dicatat di koseki tersebut. Kelahiran dan kematian secara hukum menjadi efektif karena terjadi, tetapi peristiwa tersebut harus diajukan oleh anggota keluarga.
Nah dalam Koseki ini tercantum juga asal usul warga negara hingga ke jaman feodal dulu. Sehingga setiap orang bisa dirunut berasal dari garis keturunan kasta apa sebenarnya. Hukum Jepang sekarang melarang orang selain empunya dan pemerintah untuk mengakses data ini.
Ditahun 1975, sempat beredar daftar dalam buku Tokushu Buraku Chimei Soukan (Daftar Komprehensif Nama Daerah Buraku) dan dijual dengan harga antara 5000 hingga 50000 yen. Pembelinya umunya kelaurga kolot dan perusahaan-perusahaan. kabarnya termasuk perusahaan besar seperti Toyota, Nissan, Honda dan Daihatsu. Sekarang sudah dilarang beredar.
Karena penyelidikan melalui Kouseki dan Buku Tokushu tadi sudah dilarang, sekarang kelaurga dan perusahaan yang masih kolot diam-diam menyewa jasa penyelidikan asal-usul (walau ini juga kegiatan ilegal) dengan biaya yang mahal demi menghindari memilih buraku menajdi menantu keluarga atau pejabat perusahaan.

10 Pulau Privasi Sesuai Kebutuhan Wisatawan

SETIAP pulau memanjakan wisatawan dengan caranya sehingga beberapa difavoritkan oleh tipe orang tertentu. Bagaimana memilih pulau yang cocok dengan wisata pilihan Anda?
Simak ulasan pulau yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing wisatawan :

1. Milyuner: Musha Cay, Bahama




Musha Cay merupakan taman bermain bagi para milyuner dunia. Salah satunya adalah pesulap kelas dunia, David Copperfield yang membeli pulau ini pada 2006 dengan harga USD56 juta. Selain Copperfield, milyuner lain yang kerap berlibur disini adalah Oprah Winfrey dan Bill Gates. Pada 2007, penemu Google, Sergey Brin mengadakan pernikahannya di pulau ini.
Musha Cay memiliki luas 60 hektar, namun hanya ada lima villa di pulau ini yang bisa mengakomodasi maksimum 25 tamu. Setiap villa memiliki pantai pribadi masing-masing.berlibur di Musha Cay,.

2. Nudist: Rab, Kroasia




Kepulauan Rab di Kroasia dipercaya sebagai tempat dimulainya tradisi modern berenang tanpa busana. Pada 1936, Raja Edward VIII dan Wallis Simpson memulai tradisi ini, dan sejak saat itu hal ini menjadi kebiasaan di pantai ini.
Bagi yang masih malu berenang tanpa busana, Anda dapat pergi ke Semenanjung Lopar. Pantai lainnya yang mewajibkan pengunjung untuk tidak berbusana di kepulauan ini adalah Pantai Stolag, Ciganka, dan Sahara.

3. Pasangan: Pulau Lizard, Australia




Pulau ini cocok untuk wisatawan yang berlibur hanya berdua bersama pasangan. Pulau ini memiliki 40 villa dengan 24 pantai pribadi yang memastikan setiap tamunya mendapatkan privasi penuh. Pulau Lizard terletak di ujung paling utara Great Barrier Reef, cocok bagi pasangan yang ingin diving atau snorkeling tanpa keramaian. Pulau Lizard sudah sangat terkenal sebagai pulau khusus pasangan, bahkan pulau ini memiliki perencana pernikahan sendiri.

4. Pencinta lingkungan: Sark




Sark dalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari Bailiwick Guernsey, Kepulauan Channel, yang merupakan dependensi (hak milik) Takhta Britania (tapi bukan bagian dari Inggris). Di pulau ini, Anda bisa menyaksikan jutaan bintang pada malam hari dengan mata telanjang. Hal ini mungkin ada karena di pulau ini, lampu jalanan dan kendaraan bermotor dilarang dan sebagai gantinya, penduduk menggunakan sepeda dan obor sebagai penerangan. Pada malam hari, berbagai gugus bintang terlihat jelas di langit, lebih dari 100 hujan meteor dalam satu jam akan terlihat pada November.

5. Penyendiri: Kepulauan Ogasawara, Jepang




Apabila Anda ingin berwisata sambil menyendiri, Kepulauan Ogasawara di Jepang adalah tempat yang tepat. Kepulauan di sebelah selatan Tokyo ini terdiri dari tiga pulau yang dihuni 2.300 penduduk.
Satu-satunya penghubung antara kepulauan ini dengan keramaian Tokyo adalah layanan kapal ferry yang hanya ada lima kali dalam sebulan, dari Tokyo menuju pulau utama Ogasawara, Pulau Chichijima. Di pulau ini Anda bisa melihat paus dan lumba-lumba setiap waktunya.

6. Pesta semalam suntuk: Pulau Ibiza, Spanyol






Sejak 1950an dan 1960an, musisi legendaris seperti The Beatles dan The Rolling Stones mengunjungi Ibiza untuk berpesta semalam suntuk. Pulau ini memiliki Privilege, sebuah klub yang diklaim terbesar di dunia. Pesta di Ibiza tidak hanya berlangsung di dalam klub-klubnya, namun juga di tepi pantai berpasir putihnya yang indah.

7. Keluarga: Oahu, Hawaii




Pulau ini memang diciptakan untuk keluarga yang membawa anak-anak karena tersedianya banyak fasilitas bagi sang buah hati. Salah satunya adalah wisata bawah laut menggunakan kapal selam untuk melihat replika Atlantis, yang pasti akan disukai anak-anak. Kembali ke pulau, manjakan anak Anda dengan bermain bersama kuda di Peternakan Kualoa, lalu memberi makan lumba-lumba di Sea Life Park.

8. Penggemar belanja: Hong Kong




Setiap tahun, jutaan wisatawan dari penjuru dunia datang ke pulau utama dataran China ini untuk berbelanja. Hong Kong memang dianggap sebagai kiblat pencinta belanja karena didominasi merek-merek terkenal dan mewah namun dengan harga yang jauh lebih murah.

9. Melihat selebriti: St. Barts, Karibia



Banyak selebriti dunia kerap terlihat di pulau ini, seperti pasangan Beyonce dan Jay-Z juga mantan anggota The Beatles, Paul McCartney dan Usher. Pada 2010, Lindsay Lohan mem-post fotonya ketika berada di pulau ini di Twitter.
Dan di tahun yang sama, Orlando Bloom, Gwen Stefani serta suaminya, Gavin Rossdale juga terlihat di pulau ini. Pulau ini terutama 'ramai' oleh kalangan selebriti pada saat Tahun Baru. Milyuner Rusia Roman Abramovich dikenal setiap tahun selalu menggelar pesta Tahun Baru besar-besaran di pulau ini.

10. Kuliner: Sicily, Italia




Masakan dari Pulau Siciy, Italia, memiliki kelasnya tersendiri. Masakan Italia di sini memiliki pengaruh dari Arab, Yunani, Roma, Spanyol, Prancis, Jerman, dan Norwegia. Karena itulah, Sicily dikenal sebagai 'Dapur Dewa'. Palermo, kota paling besar di pulau ini dipenuhi restoran-restoran yang menyanjikan beragam masakan.
Bagi penggemar seafood, wajib datang ke pasar ikan antik di Catania, dan para penggemar makanan manis harus mengunjungi Gereja Santo Spirito di Agrigento, yang menjual permen-permen khas Sicily.

5 Keris Paling Legendaris di Indonesia

1. Keris Mpu Gandring




Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, ken Arok. Keris ini dibuat oleh seorang pandai besi yang dikenal sangat sakti yang bernama Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok. Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu. Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dengan menusukannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji. Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari yakni: Tunggul Ametung, Ken Arok, Anusapati dan keturunan Ken Arok.



2. Keris Kyai Setan Kober




Keris Kyai Setan Kober adalah nama keris milik Adipati Jipang, Arya Penangsang. Keris ini dikenakan pada waktu ia perang tanding melawan Sutawijaya. Suatu saat tombak Kyai Pleret yang dipakai Sutawijaya mengenai lambung Arya Penangsang, hingga ususnya terburai. Arya Penangsang dengan sigap, menyangkutkan buraian ususnya itu pada wrangka atau sarung-hulu keris yang terselip di pinggangnya, dan terus bertempur. Saat berikutnya, Sutawijaya terdesak hebat dan kesempatan itu digunakan oleh Arya Penangsang untuk segera penuntaskan perang tanding tersebut, dengan mencabut keris dari dalam wrangka atau ngliga keris (menghunus), dan tanpa sadar bahwa wilah(an) atau mata keris Kyai Setan Kober langsung memotong ususnya yang disangkutkan di bagian wrangkanya. Ia tewas seketika.
Sutawijaya terkesan menyaksikan betapa gagahnya Arya Penangsang dengan usus terburai yang menyangkut pada hulu kerisnya. Ia lalu memerintahkan agar anak laki-lakinya, kalau kelak menikah meniru Arya Penangsang, dan menggantikan buraian usus dengan rangkaian atau ronce bunga melati, dengan begitu maka pengantin pria akan tampak lebih gagah, dan tradisi tersebut tetap digunakan hingga saat ini.


3. Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten



Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten adalah dua benda pusaka peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra adalah nama salah satu dapur keris luk tiga belas dan ada pula yang luk-nya berjumlah sembilan dan sebelas, sehingga penyebutan nama dapur ini harus disertai dengan menyatakan jumlah luk-nya.Bagian gandik keris ini diukir dengan bentuk kepala naga, sedangkan badannya digambarkan dengan sisik yang halus mengikuti luk pada tengah bilah sampai ke ujung keris.
Salah satu pembuat keris dengan dapur Nagasasra terbaik, adalah karya empu Ki Nom, merupakan seorang empu yang terkenal, dan hidup pada akhir zaman kerajaan Majapahit sampai pada zaman pemerintahan Sri Sultan Agung Anyokrokusumo di Mataram. Dapur Sabuk Inten, seperti juga dapur Nagasasra mempunyai luk tiga belasdengan ciri-ciri yang berbeda yaitu mempunyai sogokan, kembang kacang, lambe gajah dan greneng.


4. Condong Campur




Condong Campur adalah salah satu keris pusaka milik Kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda dan folklor. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur.
Konon keris pusaka ini dibuat beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Bahan kerisnya diambil dari berbagai tempat. Dan akhirnya keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh tetapi memiliki watak yang jahat.


5. Keris Taming Sari



Di ceritakan pemilik asal keris ini adalah merupakan pendekar atau hulu balang kerajaan Majapahit yang bernama Taming Sari. Keris ini kemudianya bertukar tangan kepada hulubalang Melaka yang telah berjaya membunuh Taming Sari bernama Hang Tuah. Perpindahan kepemilikan ini terjadi dalam suatu duel keris yang sangat luar biasa antara Taming Sari dan Hang Tuah, yang akhirnya dimenangkan oleh Hang Tuah.

Negara-negara Superpower (trendcenter) Di Asia

asia merupakan benua terbesar di dunia. Dengan luasnya wilayah asia menjadikan benua ini sebagai benua dengan negara terbanyak di dunia. Namun tak banyak negara di asia yang menjadi negara Superpower dan trendsetter dunia. tapi ada beberapa negara yang sudah menandingi adidayanya Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya. maka banyak orang-orang dari benua lain untuk mengunjungi negara-negara ini. Ada beberapa negara Asia yang memiliki keterbatasan jumlah penduduk maupun luas wilayah. Namun dari semua keterbatasan tersebut mereka tetap menjelma menjadi sebuah negara yang berkembang pesat. berikut adalah negara-negara di Asia yang telah menjelma sebagai negara Superpower baru dengan kemajuan yang mereka raih

1. Hongkong



Hongkong merupakan salah satu negara di Asia Timur. Negara Hongkong memiliki luas wilayah hanya 1.092 km². Jumlah penduduknya sekitar 7,903,334. Namun dengan semua keterbatasan itu Hongkong menjelma menjadi salah satu kekuatan besar di Asia. Negara ini sangat terkenal sebagai pusat perdagangan. Selain itu Hongkong juga menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai negara. Apalagi semenjak dibukanya Hong Kong Disneyland Resort. Tidak kurang 20 juta lebih turis asing mengunjungi Hongkong setiap tahun. Hongkong memiliki Bandara Internasional yang bernama Kai Tak. Bandara ini bahkan bisa menampung 36 juta penumpang yang jauh lebih besar daripada penduduk Hongkong sendiri. Hampir semua mode transportasi sudah terdapat di Hongkong seperti kereta api, bus, trem, MRT, monorail, feri, dan taksi. Saat ini Hongkong meraih predikat sebagai negara dengan kota terjangkung di dunia. Dengan lebih dari 7.500 gedung pencakar langit yang tertancap di bumi Hongkong. mengalahkan pesaingnya terdahulu kota New York, Amerika Serikat.
2. Singapura



Singapura merupakan salah satu negara yang terdapat di Asia Tenggara. Singapura memiliki jumlah wilayah yang lebih kecil daripada Hongkong yaitu 704 km². Jumlah penduduknya juga lebih kecil yaitu sekitar 4,608,167 juta jiwa. Namun kemajuan negara Singapura tidak kalah daripada Hongkong. Kalau Hongkong memiliki bandara internasional Kai Tak maka singapura memiliki bandara internasional Cangi. Bandara internasional Cangi mampu menampung 32 juta lebih penumpang. Pelabuhan di Singapura merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan merupakan salah satu pusat pertukaran mata uang terbesar di dunia setelah London, New York dan Tokyo. Perekonomian singapura ditopang oleh ekspor yang besar dan pengolahan bahan mentah yang diimpor dari negara lain termasuk Indonesia yang menjadi salah satu pengimpor bahan mentah terbesar di Singapura. Sama halnya seperti Hongkong, Singapura juga menjadi salah satu negara di Asia dengan mode transportasi terlengkap.

3. Qatar




Qatar merupakan salah satu negara yang terdapat di timur tengah. Qatar memiliki luas wilayah sekitar 11,437 km2. Jumlah penduduk Qatar hanya 1.699.453. Walau tergolong kecil dari jumlah wilayah dan penduduk Namun Qatar sudah resmi jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Qatar merupakan salah satu negara pengekspor minyak terbesar. Namun saat ini pemerintah Qatar sedang fokus dalam mengembangkan usaha yang berbasis teknologi baik di luar maupun di dalam negeri Qatar. Dengan PDB per kapita nomor 2 tertinggi di dunia dengan perkiraan tahun 2008 sekitar $111.000 yang menjadikannya sebagai negara dengan taraf hidup penduduknya bisa disamakan bahkan lebih maju dibandingkan negara-negara Eropa Barat dengan berbagai layanan sosial dan fasilitas modern. Salah satu yang menjadi fokus pemerintah Qatar adalah sektor Komunikasi. Vodafon yang sudah tidak asing lagi ditelinga merupakan perusahaan komunikasi asal Qatar. Selain itu salah satu stasiun TV Internasional yaitu Al Jazeera juga berasal dari negara ini.

4. UEA (Uni Emirat Arab)




Uni Emirat Arab terletak di wilayah Timur Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang paling progresif pembangunannya di dunia terutama sektor properti. Banyak gedung-gedung ternama di dunia yang terdapat di negara ini diantaranya burj al arab yang merupakan hotel dengan tarif termahal di dunia dan burj dubai yang merupakan gedung tertinggi di dunia. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Pemerintah Uni Emirat arab tergolong ambisius. Di saat krisis ekonomi yang terjadi tahun 2008 mereka justru meresmikan berbagai mega proyek. salah satunya adalah dubai waterfront yaitu menciptakan daratan sendiri di luat yang diciptakan sebagai pusat bisnis dan hiburan
5. Jepang




Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang. Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan modern seperti AEGIS serta skuad armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB.Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

6. Indonesia



Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara. Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Indonesia diprediksikan 2020 akan menemui kejayaannya kembali seperti Sriwijaya dan Majapahit. Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan pusat bisnis di Indonesia. kini Investor asing berlomba-lomba menanamkan investasinya di bumi Indonesia. Indonesia dengan beragam suku, budaya, agama, dan bahasa membuatnya lebih kaya dan bisa hidup rukun dan bersatu. Bali, Sumatera Barat, Papua, Makassar, Medan, Bandung, Jogja, Surabaya, Maluku, Pontianak, manado merupakan beberapa kota-kota besar di Indonesia dengan kemajuan dan kekayaannya yang berbeda-beda.