Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

Alat-Alat Elektronik Pertama di Dunia

Di bawah ini adalah model alat-alat elektronik pertama yang dibuat di dunia. Tentu bentuknya tidak sesempurna yang sekarang. Dan semuanya masih berukuran besar dan tidak sepraktis dan secanggih alat-alat elektronik yang kita gunakan sekarang ini. Nah, apakah kalian penasaran bagaimana bentuk dan rupa dari alat-alat elektronik yang pertama itu. Silahkan, lihat gambar-gambar dan keterangannya di bawah ini.

Komputer Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
blog-apa-aja.blogspot.com 
ENIAC, kependekan dari Electronic Numerical Integrator And Computer adalah perangkat elektronik digital pertama yang bekerja sebagai komputer. Perangkat ini selesai dibuat oleh Angkatan bersenjata Amerika Serikat pada tahun 1945 dan diumumkan ke publik di tahun 1946. Ketika itu, komputer tersebut ditujukan untuk menghitung arah dan jarak tembak rudal balistik di Perang Dunia ke II.

ENIAC yang memiliki bobot seberat 30 ton, menggunakan daya listrik sebesar 200 kilowatt, terdiri dari 19.000 tabung hampa udara, 1500 relay, serta ratusan ribu resistor, kapasitor, dan induktor.

Salah satu komputer pertama yang dirakit oleh Apple pada tahun 1976
blog-apa-aja.blogspot.com

Laptop Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com 
Di tahun 1970-an gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kali dipikirkan oleh Alan Kay di Xerox PARC. Orang ini bahkan maju ke depan dan menerbitkan gagasan itu. Gagasan itu segera disambut oleh yang lain, yang akhirnya disepakati nama untuk proyek laptop pertama adalah Osborne1. Pertama diproduksi pada tahun 1981 oleh Adam Osborne, seorang yang bekerja di penerbitan buku, beratnya sekitar 11 kg. Raksasa ini dilengkapi dengan layar monitor 5-inci, kelihatan seperti sebuah ponsel yang berukuran raksasa, layar yang kecil dalam sebuah mesin yang besar. Meskipun bisa dibawa kemana-mana, tapi kita sama saja dengan menggendong Anak berumur sekitar 3-4 tahun kemana-mana. Laptop ini dibandrol dengan harga sebesar $1800.

Kamera Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
Kamera pertama kali disebut sebagai camera obscura, yang berasal dari bahasa latin yang berarti ruang gelap. Camera obscura merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak, yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveks, kemudian menempatkan gambar objek eksternal tersebut pada sebuah kertas/film, film tersebut diletakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Camera obscura yang pertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan Muslim yang bernama Alhazen, hal tersebut terdapat seperti yang dijelaskan pada bukunya yang berjudul Books of Optics (1015-1021). 
blog-apa-aja.blogspot.com


Radio Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
Konon, inilah radio pertama yang dibuat pada tahun 1895. Pembuatnya adalah perusahaan milik Guglielmo Marconi, orang Amerika keturunan Italia yang memegang hak paten atas penemuan radio. Namanya saja produk pertama, tentu ada banyak kekurangan pada radio ini bila dibandingkan dengan radio jaman sekarang. Contoh, radio ini hanya mampu menjangkau sinyal radio dalam radius 1,5 kilometer saja, dan karena bodinya besar maka sudah pasti radio ini sangat berat.

Kalkulator Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
blog-apa-aja.blogspot.com
Penemu kalkulator pertama di dunia adalah Blaise Pascal. Ahli matematika dan sains dari Prancis itu berhasil membuat kalkulator roda numerik atau Pascaline. Alat tersebut menjadi cikal bakal kalkulator modern yang sering digunakan saat ini.

Televisi Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
Ini adalah TV Set Pertama di Dunia: The "Baird pesawat televisi", 1928 Sebuah eksperimen awal dan demonstrasi "Baird-tipe" televisi receiver dengan 30 baris, dan piringan Nipkow yang ternyata dengan kecepatan 750 rpm menghasilkan 12 1 / 2 gambar per detik. Motor masih berjalan pada baterai 18 volt standar. Sebuah model spektakuler demonstrasi lahirnya televisi!

Televisi pada awal diciptakannya menggunakan tabung hampa yang menjadikannya berukuran besar, memiliki konsumsi daya yang besar serta harga yang sangat mahal.
Berikut merupakan salah satu contoh televisi pada tahun 1939 :
blog-apa-aja.blogspot.com

Handphone (Moderen) Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
Kita patut berterima kasih pada seseorang yang bernama Martin Cooper, dialah orang yang berhasil menemukan Handphone dan membuat Handphone pertama di dunia. martin Cooper adalah seorang general manager di bagian divisi komunikasi perusahaan Motorola di maerika serikat. Ia mengaplikasikan teknologi komunikasi telepon dengan sistem wireless yang biasanya hanya digunakan pada radio komunikasi polisi. Temuan handphonenya kemudian disempurnakan dan dikomersialkan oleh Motorola pada tahun 1983, Handphone pertama itu kemudian diberi nama DynaTAC.

Ponsel (telepon nirkabel) Pertama.
blog-apa-aja.blogspot.com
Telepon selular yg ukurannya sebesar ini memiliki jangkauan setengah mil. Dilihat dari segi design dan ukuran, ponsel pertama di dunia ini sangatlah berbeda dengan ponsel masa kini, dimana ukurannya cukup kecil dapat disimpan di saku dan dapat menghubungi ke semua belahan dunia. Tapi dari sini telepon nirkabel bermula.

Sang pencipta, Nathan Stubblefield akhirnya diakui sebagai bapak teknologi telepon seluler tepat 100 tahun setelah ia mempatenkan desain tersebut untuk sebuah telepon nirkabel. Nathan Stubbefield sebenarnya hanyalah petani melon biasa yg sangat menyukai IPTEK. Sayangnya telepon nirkabel tidak sukses dalam masa hidupnya,dia meninggal dengan keadaan miskin pada tahun 1928. Sekarang dia telah diakui sebagai "Father of The Modern Mobile Phone" , bahkan oleh Virgin Mobile dibuat page khusus untuk menandai ulang tahun temuan Nathan Stubbefield di website resmi nya.

Telepon Pertama
blog-apa-aja.blogspot.com
Suatu hari Alexander Graham Bell mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Bell pun mengajak temannya Thomas Watson buat membantu menyediakan perlengkapannya. Penelitiannya dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan, peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Juni 1875.

Akhirnya terciptalah karya Bell sebuah pesawat penerima telepon dan pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet. Baru pada tanggal 14 Februari 1876 Bell mematenkan hasil penemuannya, tapi oleh US Patent Office penemuan Bell ini baru resmi dipatenkan pada tanggal 7 Maret untuk "electric speaking telephone".

Bell terus memperbarui penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi "Watson, come here, I want you" pada tanggal 10 Maret 1876.

Sekedar info:
1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.

Perekam Suara Pertama

Alat perekam suara pertama yaitu Phonoautograph penemuan Leon Scott telah ada sebelum Phonograph penemuan Thomas Alpha Edison yang digunakan untuk mempelajari gelombang suara pada tahun 1857. namun alat tersebut tidak digunakan untuk mereproduksi hasil rekaman tersebut. Phonograph diciptakan seiring dengan pengembangan perangkat telephone pada tahun 1870an dan pada saat itulah Edison mendapat ide untuk mencetak pesan telephone di atas kertas berlapis wax manggunakan alat electromagnetics. Setelah penemuan tersebut, bermunculan alat perekam lain seperti Graphophone dan perusahaan lain yang membuatnya.

Pada tahun 1894, Emir Berliner mencetuskan ide untuk mencetak suara di atas piringan dan bukan silinder dengan alas an lebih mudah direproduksi. Ide piringan inilah yang berkembang menjadi disc yang kita kenal sekarang ini.

Tape Recorder pertama buatan Sony
blog-apa-aja.blogspot.com


Catatan: Alat-alat di atas mungkin bukan alat paling pertama yang dibuat. Tapi bisa dibilang alat-alat tersebut adalah generasi pertama dari alat-alat elektronik yang kita gunakan saat ini. 

sumber

9 Jalan Paling Berhantu Di Dunia

Jalan berhantu banyak ditemukan di seluruh dunia, dari jalan berkabut Skotlandia dan jalan-jalan tersibuk di Hong Kong sampai jalan paling sepi di Amerika Serikat. Jika Anda lebih suka menghindari kejadian supranatural pada jalan ini, Anda mungkin harus menemukan jalan lain untuk pulang.

Tuen Mun Road – Hong Kong
blog-apa-aja.blogspot.com
Dianggap salah satu jalan paling mematikan di dunia, jalan Tuen Mun telah banyak memakan korban selama bertahun-tahun. Jalan ini adalah jalan yang paling penting dan salah satu jalan yang paling banyak digunakan di Hong Kong, sehingga hampir mustahil untuk dihindari. Tuen Mun Road dihantui dari mereka yang telah tewas di jalan dikatakan mereka melangkah ke lalu lintas, menyebabkan pengendara berbelok keluar dari jalan dan masuk ke dalam kecelakaan yang serius atau fatal. Korban-korban baru kemudian menghantui kembali dan menyebabkan kecelakaan di jalan.

A229 – Inggris
blog-apa-aja.blogspot.com
The A229 dari Kent ke Sussex memiliki dua hantu terkenal. Yang pertama diyakini seorang wanita bernama Judith Langham, yang terbunuh di jalan pada hari pernikahannya pada tahun 1965. Dia muncul di jalan dalam gaun putihnya dan kemudian menghilang. Hantu kedua adalah tumpangan yang masuk ke dalam mobil dan berbicara tentang semua hal . Setelah pengemudi mencapai tempat tertentu, dia menghilang.

Bloodspoint Road – Illinois, Amerika Serikat
blog-apa-aja.blogspot.com
Bloodspoint hanyalah salah satu dari beberapa jalan yang memotong seluruh Boone County, Illinois, yang dapat membuat rambut di belakang leher Anda berdiri. Jalan ini telah menyaksikan pembunuhan, bunuh diri, dan bahkan seorang anak yang tertabrak kereta api. Beberapa anak meninggal ketika bus meluncur dari jembatan di daerah ini. Ada juga dikatakan penyihir yang digantung anak-anaknya di sebuah rumah pertanian tua, dan meskipun bangunan sudah tidak ada lagi, beberapa orang mengatakan bahwa mereka telah melihat hantu pohon.

M6 – Inggris
blog-apa-aja.blogspot.com
M6 di Inggris telah ada dalam beberapa bentuk atau cara selama sekitar
2.000 tahun, sehingga tidak mengherankan bahwa lebih dari legenda seram beberapa telah terkait dengan itu dari waktu ke waktu. Jalan itu pernah digunakan oleh tentara selama pendudukan Romawi di Inggris, dan tentara Romawi masih terlihat di sepanjang jalan dan berjalan melalui lalu lintas. Ada juga truk hantu yang berjalan melawan arus lalu lintas serta hantu seorang wanita sepanjang sisi jalan.

Boy Scout Lane – Wisconsin, Amerika Serikat
blog-apa-aja.blogspot.com
Menurut cerita, pasukan pramuka anak-anak pada akhir 1950-an atau awal 1960-an berada di sebuah ekspedisi semalam dalam rangka untuk mendapatkan lencana jasa. Ketika mereka tidur di sekitar api unggun, baik pramuka guru mereka atau sopir bus tewas. cerita kedua mengatakan bahwa salah satu anak laki-laki sengaja menjatuhkan lentera malam itu yang menyebabkan kebakaran hutan dan menelan seluruh pasukan. Tidak ada catatan sebenarnya dari setiap kejadian tersebut pada Boy Scout Lane, tapi ada banyak cerita tentang kegiatan paranormal dan penampakan di daerah ini.

A75 Kinmont – Skotlandia
blog-apa-aja.blogspot.com
Dijuluki "jalan hantu," jalan ini di barat daya Skotlandia telah menjadi
tempat ratusan penampakan yang tidak dapat dijelaskan. Banyak pengemudi telah melaporkan melihat beberapa berjalan di depan kendaraan mereka, burung-burung terbang ke kaca depan mereka dan kemudian menghilang, penampakan orang berjalan ke arah kendaraan dan makhluk menyeramkan lainnya (termasuk kambing, anjing liar dan kucing) yang muncul entah dari mana.

N9 – Afrika Selatan
Bagian jalan antara Uniondale dan Willowmore dikenal sebagai Hitchhiker Uniondale Phantom, hantu yang dikenal sebagai Roux Charlotte Marie. Gadis itu tewas dalam kecelakaan mobil di jalan pada tahun 1968, dan ia pertama kali dilaporkan sebagai penumpang pada hari Jumat Agung pada tahun 1976, ketika dia naik dan kemudian menghilang secara misterius dari kursi belakang. Dia muncul dua tahun kemudian (lagi pada Jumat Agung) dan naik dengan pengendara sepeda motor, yang juga melaporkan bahwa ia menghilang setelah hanya beberapa mil. Para hantu telah membuat penampilan lainnya
pada hari Jumat Agung sejak saat itu juga.

Annie Road – New Jersey, Amerika Serikat
blog-apa-aja.blogspot.com
Jalan ini dikatakan dihantui oleh seorang wanita yang memakai gaun putih atau biru. Meskipun setiap orang setuju bahwa seorang wanita bernama Annie tewas di jalan . Beberapa orang mengatakan bahwa Annie tewas pada malam pernikahannya; yang lain mengatakan ia dipenggal pada malam pernikahannya dan menyeretnya sepanjang jalan. Pengemudi mengatakan bahwa ketika mereka melewati Annie Road di tengah malam mereka melihat hantunya berjalan sepanjang jalan, dan dia rupanya muncul pada ulang tahun kematiannya setiap tahun .

Terowongan Belchen – Swiss
blog-apa-aja.blogspot.com
Terowongan ini merupakan bagian dari jalan tol A2 dari Basel untuk
Chiasso. Meskipun hantu Belchen pertama dikenal adalah laki-laki, itu
adalah seorang wanita yang muncul pada bulan Januari tahun 1981 yang menjadi berita utama. Wanita ini, yang telah melihat berdiri di luar dari terowongan, mengenakan pakaian putih. Pengemudi mengatakan bahwa dia melangkah di depan kendaraan dan bahkan kadang-kadang berbicara kepada mereka.

20 Hal Spele Yang Membuat Wanita Merasa Disayang

Kebanyakan pria sudah tahu mengenai hal-hal ini, tapi tidak melakukannya karena wanita tidak menyadari betapa penting hal-hal kecil itu bagi wanita. Pria benar-benar yakin bahwa hal-hal kecil itu tidak penting dibandingkan dengan hal-hal besar yang dilakukannya bagi pasangannya.

Pada awal hubungan, pria mungkin melakukan hal-hal kecil itu. Tapi setelah satu-dua kali, ia berhenti. Karena suatu naluri misterius, mereka mulai memusatkan energi untuk melakukan satu hal besar bagi pasangannya. Mereka kemudian lupa melakukan segala hal kecil yang diperlukan agar wanita merasa puas dalam hubungan itu. Untuk memuaskan wanita, pria harus memahami bahwa wanita perlu merasa disayang dan didukung. Lantas, kelakuan pria yang bagaimana agar seorang wanita merasa disayang dan didukung? Berikut ini John Gray, Ph.D, memaparkannya lewat bukunya Men are from Mars, Women are from Venus.
blog-apa-aja.blogspot.com

1. Setibanya di rumah, carilah dia terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal lain, dan peluklah dia.
2. Ajukan pertanyaan-pertanyaan khusus mengenai hari-harinya, yang menunjukkan kesadaran mengenai apa yang ingin dilakukannya (misalnya, "Bagaimana janji konsultasimu dengan dokter itu?").
3. Berlatihlah mendengarkan dan mengajukan pertanyaan.
4. Tahan godaan untuk menyelesaikan masalah-masalahnya. Sebaliknya, ikutlah merasakan.
5. Berilah dia perhatian penuh selama 20 menit (jangan membaca Koran atau memperlihatkan hal lain selama waktu tersebut).
6. Bawakan dia bunga-bunga potong sebagai kejutan maupun pada kesempatan-kesempatan istimewa.
7. Rencanakanlah kencan beberapa hari sebelumnya, jangan menunggu sampal malam Sabtu dan bertanya padanya apa yang ingin dilakukannya.
8. Kalau ia biasanya menyiapkan makan malam atau tiba gilirannya. Dan tampaknya ia lelah atau sangat sibuk, tawarkanlah untuk menyiapkan makan malam.
9. Pujilah dia atas penampilannya.
10. Hargai perasaan-perasaannya jika ia marah.
11. Tawarkan bantuan padanya bila ia kelelahan.
12. Jadwalkanlah tambahan waktu saat berpergian agar ia tidak perlu tergesa-gesa.
13. Kalau Anda akan pulang terlambat, teleponlah dia dan beritahukan padanya.
14. Jika ia minta dukungan, katakana ya atau tidak tanpa membuatnya merasa bersalah karena meminta dukungan itu.
15. Jika perasaannya terluka, tunjukkan simpati Anda dan katakana padanya "Aku menyesal kau tersinggung." Kemudian diamlah; biarkan ia merasakan bahwa Anda memahami rasa sakit hatinya. Jangan menawarkan pemecahan atau penjelasan mengapa luka hatinya bukan merupakan kesalahan Anda.
16. Jika Anda merasa harus menarik diri, beritahukanlah padanya bahwa Anda akan kembali. Atau bahwa Anda perlu waktu untuk merenungkan segalanya.
17. Kalau Anda sudah tenang dan muncuk kembali, bicarakanlah apa yang merisaukan Anda dengan penuh rasa hormat. Bukan dengan cara menyalahkannya. Agar ia tidak membayangkan yang terburuk.
18. Tawarkanlah untuk membuat api di musim dingin.
19. Bila ia bicara dengan Anda, taruhlah surat kabar atau matikanlah televisi dan berilah dia perhatian Anda sepenuhnya.
20. Kalau ia biasanya mencuci piring, sesekali tawarkanlah bantuan. Terutama bila ia kelelahan hari itu
 

Beberapa Istilah Gaul yang Sering Digunakan di Jejaring Sosial

Banyak istilah - istilah baru yang digunakan di Media Jejaring sosial... Setidaknya kita harus mengikuti perkembangannya, biar kita tahu dan biar ga malu bro
blog-apa-aja.blogspot.com

Afgan

Tahu kan siapa Afgan? Pernah dengar lagunya yang judulnya sadis. Isitilah ini awalnya dipake sama orang-orang di forum jual beli . Misal ada iklan, "Jual motor, bisa nego, no afgan," itu artinya, bisa nego tapi jangan sadis!

Alay

Banyak versi yang menyebutkan. Mulai dari anak lebay, anak kelayapan, namun yang sering disebut adalah anak layangan. Konon, istilah ini digunakan untuk menyebut anak-anak yang sering nongol di musik tv. Berambut merah, dan berkulit gelap seperti kebanyakan main layangan gitu. Namun seiring waktu, kata alay sering dipakai untuk anak-anak yang sok eksis, narsis, norak dsb.

Bais

Bais berarti habis, cuma di bolak-balik aja susunan hurufnya. "Pulsa gw bais, ntr kabarin ya kalo sudah kumpul!"

Cukstaw

Kata ini merupakan singkatan dari cukup tahu. Oke, cukstaw! "oh, gitu ya? Fine! cukstaw!"

Eaa

Di Twitter, sering banget gw liat hastag seperti ini. Biasanya #eaaa digunakan seseorang utk nge-tweet kata-kata gombal. Kata ini diciptakan dan dipopulerkan oleh Tukul Arwana, biasanya diucapkan pas Tukul melakukan gerakan yang aneh-aneh.

Elo Gue End

Kalimat yang lagi banyak ditirukan orang ini dipopulerkan Wendy Cagur dalam tanyangan Opera Van Java. Kata-kata ini sempat jadi Trending Topic di Twitter. Kalimat ini digunakan hanya untuk bercandaan saja.

Fudul

Kurang lebih artinya sama kayak stalking atau kepo. Digunakan buat menunjuk sifat orang yang want to know something sampe ngorek-ngorek informasi dari mana saja, termasuk jejaring sosial.

Galau

Untuk yang satu ini, teman gue sampe ada yang dinobatkan sebagai raja galau. Entah kapan diresmikan kepadanya. Kata galau sebenarnya termasuk dalam Bahasa Indonesia baku yang terdaftar di kamus, artinya perasaan kacau nggak karuan, resah, bimbang. Tapi entah siapa yang memulai. Kata galau mendadak populer di jejaring sosial. Sering muncul dengan #galau dan yang berbau galau kayak #galaucity, #galaugombal, #lagugalau.

Gengges

berasal dari kata ganggu yang diubah dikit, dikasih imbuhan *-es* dibelakangnya. "Gw unfollow ah, soalnya gengges, fotonya sok imut.*

Hoax

Berarti berita palsu, diambil dari kata sama dalam bahasa Inggris yang berarti cerita bohong. Bisa juga di film Amerika berjudul The Hoax (2006) yang dianggap mengandung kebohongan. Awalnya cuma pengguna Internet di Amerika saja yang make istilah Hoax, tapi lama-lama kata ini menjadi dipake di seluruh dunia.

Jutek

Sering banget dengar ini. Kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.

Kepo

Berasal dari kata Kaypoh. Bahasa Hokkien yang banyak dipake di Singapura dan sekitarnya. Sama seperti fudul, kepo berarti ingin tahu, mencampuri urusan orang lain, dan nggak bisa diam. Kata ini punya konotasi yang rada negatif. " Dia udah putus belom sama sih sama ceweknya?""Iiih, kep banget si loo!"

Kicep

artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin. "Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika…"

Lebeh

perkembangan dari kata lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan. "Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun"" Iiih, lebeh lo!"

Mager

Singkatan dari kata males gerak. "Laper tapi mager."

Menel

Menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

Meper

Adalah mengelapkan tangan yang kotor atay terkena sesautu secara diam2, bisa ke tembok, baju orang lain dll.

Narsis

Bukan istilah baru sih. Tapi mungkin banyak yang belum tahu, narsis juga punya legenda lho. Berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

Oretz

Artinya oke, berasal dari bahasa Inggrs, "all right" yang diplesetin penulis maupun pengucapannya.

Palbis

Singkatan dari kata-kata "PALING BISA." Cobaan terberat itu saat ngeliat tweet kamu sama dia..""Yelah, palbis lo, hahah!"

Pecah

Istilah ini biasanya digunakan buat mengomentari hal-hal yang keren, gokil, heboh. "Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem!"

Peres

artinya palsu, bohong, nggak tulus.

Prikitiew

Jangan ditanya deh. Istilah ini sering kita dengar lewat lawakan si Sule. Penggunaannya hampir mirip dengan "cieee" atau "ihiiy".

Pundung

Berasal dari bahasa Sunda, artinya tersinggung, ngambek dan kesel.

Rempong

Berarti ribet, repot atau rese. "Ngapain sih lo telepon gue tengah malah gini? Rempong deh!"

Selon

Bisa diartikan santai, slow, pelan-pelan

Sokil Gob

Merupakan plesetan dari kata "Gokil,sob!" Artinya sama aja kayak gokil, yaitu gila tapi dalama artian positif. Biasanya dipake buat menggambarkan sesuatu yang heboh, lucu atau unik. Sedangkan sob adalah kebalikan dari kata bos, yang biasa digunakan sebagai pangggilan akrab untuk seseorang.

Spupet

Plesetan dari kata sepupu.

Ucul

berasal dari kata lucu, cuma dibolak - balik.

Unyu

Kata ini berasal dari kata "Oh no", yang sengaja diplesetin jadi Onyo biar terkesan lucu. Ada juga yang bilang kaloa unyu berarti anak anjing dari bahasa Sanskerta. Yang jelas, kata ini sering dipake untuk menunjukkan hal-hal yang lucu, imut, ngegemesin.

Yalsi

Ucapkan kata yalsi berulang-ulang, kata baru apa yang kita dengar? Yalsi merupakan plesetan dari kata sial. "Omongan nggak nyambung gara-gara BBM pending, yalsi!"
 

BENARKAH MISTERI HILANGNYA ENIGMA TERPECAHKAN?

Enigma….  Satu sosok blogger misterius yang cukup ternama di Indonesia, ia begitu dikagumi banyak orang. Tak hanya karena analisanya yang sangat mendalam mengenai hal-hal misteri tetapi juga karena kepribadiannya yang perhatian terhadap para penggemar. Dengan mudah kita dapat berinteraksi lewat e-mailnya yang beralamat di kingdom.enigma@gmail.com. Namun beberapa Bulan ini ia menghilang dengan misterius pula.


Tentu hal ini membuat banyak orang kehilangan, salah satunya adalah saya. Jujur, saya bukan seorang blogger melainkan hanya seseorang yang tak bisa tidur sebelum membaca, dan Blog Enigma inilah yang menjadi langganan pengantar mimpi saya.


Sejak 2010 lalu, hampir setiap malam saya membaca postingannya dan kadang saya juga melaporkan kejadian/berita aneh ke email tersebut. Terakhir kali saya melaporkan sebuah kasus yaitu mengenai episode Red Mist Spongebob bulan Agustus lalu. Namun sejak itu tak pernah saya menemukan postingan baru yang ia buat, bahkan email balasan pun tak pernah, ia seolah menghilang. Namun yang membuat saya heran adalah setiap komentar yang diberikan pembaca selalu ditampilkan setelah ia tidak aktif, Ada apa dengan Bung Enigma? Kemana ia? Pertanyaan tersebut sudah pasti menjadi isi kepala banyak orang, namun akhirnya ada satu titik terang tentang hal itu ketika Tanggal 04 Oktober 2011 saya mendapat email balasan dari seseorang yang mengatasnamakan adiknya. Ia bernama Poppy seorang Gadis berusia 20 Tahun yang masih kuliah semester 4 di salah satu Univ. Swasta di Jakarta. Awalnya saya amat sangat tidak percaya sekali, tetapi melalui berbagai hal yang saya temukan, Sosok Poppy bisa jadi benar merupakan pewaris takhta dari Kerajaan Enigma namun masih ada keraguan di hati saya dan saya benar-benar butuh pendapat atau masukkan dari anda para fans Enigma. Untuk itu dalam postingan ini saya berikan seluruh percakapan di email kami beserta kronologisnya, agar anda bisa membantu saya apakah dia (POPPY) adalah benar atau hanya seseorang yang ingin mencari ketenaran.

(Sore hari Tanggal 04 Oktober 2011 sepulang saya kerja, saya membuka email dan saya pun agak terkejut ketika membaca salah satu email)

“Siang pak, mungkin bapak gak kenal saya tapi pasti kenal kakak saya, saya adik dari yang Bapak sebut Bung E  (enigma), ada sesuatu yang mau saya sampaikan pak. Tapi please dengerin dulu, jangan kayak yg laen saya malah dianggap cari sensasi”

(saya terdiam dan dalam hati berkata Apa mungkin? Akh paling juga temen yang iseng, itu pikir saya. Ahirnya saya pun membalas dengan kurang serius)

Non…. Saya gak kenal Enigma, saya cuma sering ngirim email ke dia aja. Dan lagian saya bukan bapak-bapak banget, kok malah dipanggil bapak. Emangnya apa yang mau disampaikan?

(cukup lama saya terdiam memikirkan hal itu, Apa benar dari adiknya Bung E? Yang tahu bahwa saya adalah fans Enigma cuma 1 orang teman, mungkin teman saya iseng karena saya sering ngomong bahwa saya kehilangan bahan bacaan terbaik di internet apalagi pengirim memanggil saya dengan sebutan Bapak. Malam harinya sekitar jam 8 saya kembali membuka email, ternyata email yang tadi sore sudah dibalas. Dan di sinilah percakapan cukup panjang terjadi)

Saya serius mas, mas Enigma udah gak ada, yg mau saya katakan itu tolong sampaikan ke para Fans tentang kematian mas Enigma juga tentang artikel terakhirnya yang belum sempat diposting, caranya ya terserah mas.

Kalau benar  Bung Enigma sudah wafat, terus yang nerima komen di postingan siapa?

Demi Tuhan Saya serius. Mas enigma udah meninggal bln Agustus lalu, saya udah umumin itu di komen tapi gak pernah di gubris. Mungkin gara2 sya pake profil anonymous. Yang acc komen itu saya, tapi cuma lewat Opera Mini di HP bekas mas Enigma saya juga nemu gak sengaja di history ada dashboard blogger. Awalnya sih bisa, Cuma sekarang gak bisa masuk lagi, gara2 HP nya kerestart.

(saya mulai tertarik dengan orang ini, sebab saya pernah membaca komentar dari Anonymous di postingannya yang isinya menyampaikan bahwa Enigma telah meninggal)

Kenapa malah pake Anonymous kalo mbak benar bisa buka punya si abang?

Saya gak berhak pake profil dia, selama ini dia menjaga privasinya. Kenapa harus saya rusak dengan tiba2 ngomong bahwa “Mohon maaf saya sudah meninggal”??? Ini kan jelas pasti ngundang kontroversi dan kekecewaan buat fansnya, kemungkinan blog enigma hanya jadi selingan dan bisa2 artikel terakhirnya gak akan pernah kebaca fans padahal itu yang jadi beban utama saya dan kalo misalnya bgitu lagi2 saya yg ngerusak prinsip dia yg slalu perhatian sama fans karna saya ingkar amanat.

Terus kenapa Mbak malah email ke saya bukan ke fans yang lain? Dari mana mbak bisa tahu alamat email saya? Kenapa baru sekarang mbak ngasi tau saya?

Saya baru ngasi tahu sekarang karena baru nemu, saya ngirim email gak ke mas doang kok..... Gini ni saya ceritain. setelah Mas E meninggal laptopnya saya yg pegang. Udah lama saya tahu dia blogger yg namanya enigma, saya juga yang bikin akun facebooknya soalnya dia gak mau dipromosiin. Saya penasaran banget tentang isi laptopnya, semua folder saya buka kebanyakan isinya file kerjanya, selain itu saya coba buka akun2 internetnya tapi ternyata masih terkunci. Akhirnya saya cuma pake laptopnya dia seperlunya krna saya juga megang laptop pribadi. Terus suatu hari saya iseng ngotak ngatik HP peninggalannya, saya masuk opera mini nah disitu saya nemu dashboard blogger dan mulai suka milih2 komen buat dimunculin ke postingan. Cuma blum pernah buka email, baru pas hari rabu saya buka email ternyata langsung masuk ke  kingdom enigma. Disana banyak banget Inbox. yang bikin saya penasaran ada 11 pesan yg dia simpen. Mungkin disimpan karena emailnya menarik atau mungkin bahan buat artikel. Disitu ada 11 email yg salah satunya dari Mas ini. Semua email tadi saya kirim lagi ke email saya soalnya saya penasaran dan pengen buka di laptop. Saya baca yg 11 itu terus saya kirim email juga ke pengirimnya dan mas ini baru yg ke 7. Email saya ke yg lain ada yg gak dibalas, malah 3 orang anggap saya cari sensasi. Mudah-mudahan mas bisa dengerin saya.

(Saya terkejut, Ya Tuhan benarkah ini??? Semuanya mulai masuk akal sekarang, tapi saya tetap belum percaya pada orang ini)

Jadi bener Mbak??? Terus yang mbak maksud artikel terakhir itu apa?

Artikel terakhir itu tentang Red mist dari serial Spongebob saya nemuin di folder khusus artikelnya dia, kebetulan sekali setelah saya cocokan ternyata sama dengan laporan dari emailnya mas. Dan mas perlu tahu kalo mas Enigma itu selalu mencatat bahan artikelnya di buku saku dan disana saya nemu halaman ini.

(Saya benar-benar terkejut kali ini, karena tak ada seorangpun yang tahu saya melaporkan tentang kasus Red Mist berarti orang ini bukan sekedar membual. Ia adalah harapan dari fans Enigma setelah sang pembongkar misteri itu menghilang. Di email itu ada 2 lampiran yaitu sebuah artikel dalam format Ms. Word 2007 (Anda bisa melihatnya di sini) dan sebuah scan halaman buku saku. Kemudian saya membaca artikelnya, dan Ya Tuhan… ini identik dengan tulisan Bung Enigma, analisa yang dalam dengan sumber referensi asing beserta orientasi awal yang sederhana namun jelas. Di situ saya benar-benar terhenyak, Saya memandangi tulisan di catatan kecil itu, lingkaran merah yang menandai selesainya investigasi bung Enigma ada di tangan saya. Benarkah ini??? Saya terus memikirkannya dengan cukup lama sehingga malam sudah larut. Esok harinya sekitar jam 4 Sore kembali saya kirim email kepadanya)

Maaf mbak sebenarnya saya mulai percaya dari bukti-bukti yang mbak sampaikan tapi masih ada sedikit ragu, sebagai fans enigma saya juga tentu gak bisa buru-buru untuk yakin dan menyampaikan ini ke fans Bung E yang lain, Gimana ya?

(setelah ditunggu email belum juga dibalas, ternyata Poppy sering online malam hari, dan kami baru bisa mengobrol jam 9 malam)

Kok malah nanya? Maksud mas apa?

Tolong yakinkan saya tentang siapa mbak, kalo bener mbak itu adiknya bisa kan cerita tentang Bung Enigma??

Ya bisa, tapi tetap namanya gak akan saya kasi tau, soalnya saya yakin dia gak butuh popularitas dan pasti ia ingin kepergiannya tenang, bayangin aja berapa blogger dan berapa media yang akan menjambangi makam nya, kalo misalnya identitasnya ketauan???

Oh kalo itu saya ngerti, ceritakan tentang mbak dulu lah ya, ini buat data soalnya nanti email ini saya posting agar saya gak jadi bulan-bulanan blogger atau fans bung E

Saya Poppy adiknya bung E, saya baru berusia 20 Tahun sekarang ini tinggal di Jak-tim. Saya kuliah smt.4 Jurusan Akuntansi di salah satu universitas di Jakarta. Gea yg di email itu bukan nama tapi cuma singkatan. Udah cukup lakh yaaa?? Nanti kalo terlalu jelas, identitas kakak saya juga bisa kelacak. Saya gak keberatan chat kita diposting atau kalo perlu mas tampilin juga alamat email saya supaya yg anggap saya bohong bisa langsung konfirmasi.

Ya makasi kalo gitu, jadi saya gak terlalu terbebani. Nah sekarang coba ceritakan tentang abang mu itu?

Ibu kami dari Jambi sedangkan Ayah dari Jogja. Masa kecil hidup di Jambi tapi waktu saya masih SD kami pindah ke Jogja karena bisnis ayah banyak di sana. Kebetulan ayah buka beberapa toko Woodcraft. Ayah juga buka cabang di Jabodetabek. Mas E kuliahnya juga di Jakarta setelah lulus ia malah pengen tinggal di rumah Nenek di Jambi, Tahun 2003 barulah ia ke Jakarta lagi dan bekerja sebagai akuntan di perusahaan yg brgerak di bidang perumahan terus tahun 2009 saya lulus SMA dari Jogja saya nyusul mas E ke Jakarta dan tinggal sama dia, ia gak terlalu sibuk sih kayaknya cuma waktu tertentu aja kadang sampe gak pulang tapi kadang cuma diam di toko sama pegawai, ia juga buka warnet di samping toko. Temannya sedikit mas, kebanyakan bapak-bapak yang suka datang ke rumah, padahal mas E masih kelihatan muda, ia baru berumur 29 Tahun. Mas E itu baik, perhatian, pendiam dan suka music pop klasik. Band Favoritnya Michael Learns To Rock. Setau saya dia punya pacar temen kerjanya juga, namanya mbak V. Cuman 1 yg saya kecewa ama dia, dia itu perokok berat n peminum kopi, katanya sih orang tekun emang begitu supaya tetap gak bete. Tanggal 2 Agustus anemia nya parah mungkin karena sering begadang, sampe ia harus ke rumah sakit. Kata ayah bawa aja pulang ke jogja supaya ibu bisa ngurus. Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah, aku gak tau kenapa ternyata setelah sampai di rumah kakak ku udah meninggal mas. Aku pingsan waktu itu dan sadar setelah ia dimakamkan. Bagitu kisah singkatnya mas, sekarang ini aku tinggal sama ayah di Jakarta, karena setelah Mas E meninggal ayah takut gak ada yg jaga aku di Jakarta.

(ini cukup rasional buat saya, bagaimana menurut anda?)

Seolah terhipnotis oleh kisahnya. Saya menjadi yakin bahwa Poppy adalah benar adik Bung Enigma. Karena saya memang sama sekali tidak tahu tentang identitas asli bung Enigma. Kini yang ada di pikiran saya adalah saya harus bisa membuktikan keberadaan Poppy jangan sampai ia hanya tokoh fiktif. Saya pun meminta Nomor ponselnya tanpa kesulitan saya pun mendapatkannya. Di hari-hari selanjutnya percakapan banyak kami lakukan lewat SMS / Telpon. Saya selalu membujuknya agar mau menjadi penerus Enigma karena mungkin bisa menjadi sedikit penghilang dahaga akan artikel Bung E, tapi menurutnya ia tak setekun dan sepintar sang kakak, ia lebih banyak menggunakan intenet untuk social networking. Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau, jadi saya membuat blog ini untuknya sebagai persembahan terima kasih kepada Bung Enigma, kemungkinan nantinya akan dilanjutkan oleh Poppy jika memang fans Enigma mempercayainya dan ekspektasi terhadap Enigma masih terjaga dan saat ini Poppy sudah mulai belajar menganalisa beberapa masalah misteri, kita tunggu saja apa yang bisa ia perbuat.

Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini, namun saya tidak berani melakukannya sebelum saya bertemu langsung dengannya untuk membuktikan siapa dia, dan akhirnya Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor. Ternyata sosok Poppy yang saya temui jauh dari apa yang saya bayangkan, Dia hanya Remaja putri Indonesia pada umumnya. Rambut rebonding, celana ketat, kaos oblong dan cukup manis menurut saya, yang menjadi perbedaan ia tampak lebih pendiam daripada teman-temannya. Dan kelak gadis itulah sang pewaris takhta Kingdom of Enigma. Selamat jalan bung E. Damai bersama mu…………

Demikianlah perkenalan saya dengan seseorang yang mengaku adik bung Enigma yang akhirnya saya yakini bahwa ia bukan hanya membual. Dari hasil analisa saya ada 3 kemungkinan mengenai kejadian ini :

1. Poppy adalah benar adik bung Enigma
Pendapat ini masih diragukan karena Poppy pernah mengirim email berisi beberapa foto Bung E yang setelah saya bandingkan dengan Foto mata kanan Bung E yang ia pajang di Blog sepertinya ada perbedaan, tapi bisa saja foto-foto tersebut diambil di waktu yang berbeda jauh.
Coba anda bandingkan foto ini, tapi mohon maaf foto fullfacenya terpaksa saya crop untuk tetap menjaga kerahasiaan identitas Bung Enigma (jika foto ini benar)


3 buah foto dari Poppy











Foto Bung Enigma

2. Poppy adalah hacker yang meretas email saya
Tapi analisa ini punya 2 kelemahan yaitu pertama apa mungkin Poppy bisa meretas email? Kedua di salah satu email Poppy ada artikel yang mirip tulisan bung Enigma, pertanyaannya adalah Dari mana artikel itu? Setelah saya cari di Google ternyata tidak ada berita yang menggunakan kalimat yang sama, jadi bukan hasil copas. Apa mungkin remaja seperti Poppy mampu membuatnya?

3. Teman saya yang meretas email kemudian mengumpulkan data dan membuat artikel, selanjutnya menyewa seseorang untuk berakting menjadi Poppy
Kelemahannya adalah tidak ada teman saya yang cukup paham programming, bahkan sering kali saya yang membantu mereka, dan untuk apa repot-repot ngerjain saya dengan teori konspirasi yang rumit ini?

Saya mohon bantuan kepada semua pembaca yang mengenal Enigma (atau bahkan bung Enigma sendiri), untuk menganalisis semua yang saya alami ini. Apakah Poppy memang benar adanya??? Ataukah ia hanya seorang remaja yang haus sensasi??? Sesuai keinginannya, bagi yang ingin langsung berinteraksi dengannya kirim email ke gea.poppy@yahoo.com Kelanjutan blog ini ada di tangan anda, kita tunggu saat Poppy terbukti benar dan kemudian menjadi The Enigma Girl, pemilik blog Tinta Merah. 
 
http://gloomy-red.blogspot.com/2012/02/benarkah-misteri-hilangnya-enigma.html

Fakta tentang Bruce Lee

blog-apa-aja.blogspot.com

1. Bruce Lee memiliki cacat bawaan: kaki yang panjang sebelah dan testis yang besar sebelah.

2. Bruce Lee sebenarnya pake kacamata yg cukup tebal, dan dia menggunakan soft lens. Ternyata di Amerika soft lens udah ada dari jaman dahulu.

3. Bruce Lee bukan 100% Chinese, ibunya Grace Lee adalah blasteran chinese & german, jadi bisa dikatakan Bruce Lee memiliki 1/4 darah Jerman.

blog-apa-aja.blogspot.com

4. Bruce Lee pertama kali tampil dalam film pada umur 3 bulan. Ia dibawa ayahnya, seorang yg cukup terkenal dalam Chinese Opera untuk tampil pada film pertamanya.

5. Dalam suatu lelang, sebuah surat tulisan tangan Bruce Lee untuk memotivasi dirinya sendiri dgn judul "My Definite Chief Aim" terjual seharga US$29,500.

6. Kecepatan pukulan Bruce Lee adalah 1/500 detik dari jarak sekitar 1 meter ke targetnya.

7. Bruce Lee seorang yang sangat kuat untuk ukurannya, dia dapat melakukan pull up 50 kali dgn satu tangan. Bolo Yeung (aka Chong Li) yang segitu gede tidak pernah menang panco lawan Bruce Lee.

blog-apa-aja.blogspot.com

8. Bruce Lee dapat melakukan push up dgn satu tangan hanya dgn 2 jari (telunjuk dan jempol) dan terkadang dengan dua tangan, namun hanya menggunakan jempol saja.

blog-apa-aja.blogspot.com

9. Bruce Lee mempopulerkan teknik 'one inch punch' yaitu tinju dari jarak 1 inci, dan pada satu turnamen karate, dia mempraktekannya pada seorang juara judo asal Jepang yang memiliki berat sekitar 100 kg. Di sini terlihat pejudo itu ditinju dari jarak 1 inci sampai terangkat kedua kakinya dari lantai.

blog-apa-aja.blogspot.com

10. Pada umur 13 tahun Bruce Lee berguru pada Yip Man untuk belajar Wing Chun karena pada waktu itu ia ikut geng dan sering berantem dengan geng lain. Ia berpikir kalau teman-teman gengnya sedang tidak bersamanya, bagaimana jika ia diserang ramai-ramai.

11. Ada tiga murid Bruce Lee yg pernah memenangkan World Karate Champion: Chuck Norris, Joe Lewis dan Mike Stone.

12. Di Amerika Bruce Lee mengajarkan kung fu kepada semua ras dengan tidak pilih-pilih, dan karena itu dia ditantang oleh perguruan kung fu lain dengan tuduhan membocorkan rahasia Chinese Martial Art kepada ras lain.

Bruce Lee menerima tantangan itu dan menghajar wakil dari perguruan tersebut dalam waktu 3 menit. Bruce Lee kecewa, menurut dia perkelahian haruslah berlangsung lebih lama lagi. Dari sini dia mulai berlatih lebih keras lagi, dan menemukan konsep "Jeet Kune Do".

13. Film Dragon The Bruce Lee Story yang diperankan Jason Scott Lee adalah film yang sangat tidak akurat dalam menggambarkan cerita nyata Bruce Lee. Di film itu Bruce Lee ditendang punggungnya, menjadi lumpuh dan harus duduk di kursi roda.

Dalam kejadian nyata, cedera Bruce Lee disebabkan karena ia berlatih dengan beban yang terlalu berat dan menyebabkan cedera tulang belakang, dan sebenarnya dia tidak pernah duduk di kursi roda.

blog-apa-aja.blogspot.com

14. Dalam istirahat dari cedera tulang belakangnya Bruce Lee selama 6 bulan, terciptalah buku "Tao of Jeet Kune Do" yang menjadi best seller.

blog-apa-aja.blogspot.com

15. Beberapa waktu sebelum kematian Bruce Lee, pa qua (sejenis jimat yang dipercaya dapat menangkal evil spirits) pada rumah Bruce Lee jatuh tertiup angin.

Kisah Orang-orang yang Menjadi Kanibal Untuk Bertahan Hidup

Inilah kisah-kisah luar biasa tentang sekelompok orang yang melakukan praktek kanibalisme demi mempertahankan hidupnya.

Bencana yang terjadi membuat orang tidak lagi bisa berpikir normal. Betapa tidak, terdampar di pegunungan terpencil di musim dingin, tanpa makanan, apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan hidup?


Salah satu kisah paling terkenal adalah jatuhnya pesawat Uruguay Force di pegunungan Andes pada tahun 1972. Demi bertahan hidup penumpangnya terpaksa memakan mayat teman-temannya. Berikut kisah-kisah kanibalisme terkenal yang terjadi karena bencana.


1. Kasus Jatuhnya Pesawat Uruguay Force Flight di Andes: Kasus Kanibalisme Paling Terkenal

Inilah kasus kanibalisme paling terkenal dalam sejarah, terjadi di pegunungan Chili, Andes, perbatasan Argentina-Chilli pada musim dingin tahun 1972.

Peristiwa ini bermula dengan jatuhnya pesawat carteran Uruguay Air Force Flight 571 yang membawa 45 orang penumpang, termasuk di dalamnya tim rugby dan keluarganya, di pegunungan Chili, Andes, 13 Oktober 1972.


Dari kecelakaan itu, 29 penumpang berhasil selamat, namun medan yang berat membuat satu demi satu korban berjatuhan. Delapan orang tewas tertimbun longsoran salju, beberapa lainnya menyusul ke alam baka karena berbagai sebab, di antaranya, suhu yang luar biasa dingin dan cidera.

blog-apa-aja.blogspot.com
Praktis yang tersisa hanya 16 orang, mereka berhasil di selamatkan pada 23 Desember 1972. Itupun, setelah mereka sendiri berjuang mencari bantuan, karena operasi penyelamatan telah dihentikan jauh-jauh hari.

Pemerintah setempat sudah menganggap mereka sebagai korban hilang yang tak ditemukan, sampai akhirnya para korban itu datang sendiri melaporkan lokasi mereka. Luar biasa!!!


Bayangkan, berada di ketinggian 3.600 meter di atas permukaan laut pada saat musim dingin sedang hebat-hebatnya. Salju yang turun deras, nyaris membekukan semuanya.


Nah, para korban ini, hanya memakai pakaian seadanya, tidak ada makanan, siapapun tak bisa berpikir normal. Bagaimana caranya bertahan hidup, itulah satu-satunya yang ada dalam pikiran mereka.

blog-apa-aja.blogspot.com
Satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah dengan memakan teman-teman mereka yang telah tewas. Ini bukan keputusan mudah, bahkan terlalu berat, tapi harus dilakukan jika ingin hidup.

Biasanya, dalam keadaan terjepit seperti itu, orang baru mengerti betapa berharganya sebuah kehidupan. Dan mereka berjuang untuk mempertahankannya, apapun caranya.


Yang menyakitkan, lewat radio mereka memonitor kalau upaya pencarian mereka dihentikan karena lokasi kecelakaan tidak ditemukan.


Operasi penyelamatan mereka dihentikan setelah delapan hari pencarian, atau 11 hari mereka jatuh di gunung. Pihak berwenang menganggap semua korban pasti tidak ada yang selamat.


Bisa dimaklumi, lokasi pengunungan itu sangat sulit diakses, sementara dari udara terlihat semua berwarna putih karena tertutup salju. Celakanya, pesawat itu pun berwarna putih.

blog-apa-aja.blogspot.com
Nando Parrado, Roberto Canessa dan Sergio Katalan
(berdiri di belakang: penduduk yang menolong mereka)

Persisnya, 72 hari mereka survive sebelum akhirnya ditemukan tim SAR. Itupun setelah dua orang dari korban, Nando Parrado dan Roberto Canessa, berjuang mencari bantuan.


Mereka menuruni pegunungan, mencari jalan menuju 'kehidupan'. Selama 12 hari keduanya menempuh jalan sulit, penduduk setempat, Sergio Katalan, menemukan mereka.


Endingnya, semua korban (16 orang) dibawa ke rumah sakit Santiago dan dirawat karena menderita penyakit ketinggian, dehidrasi, radang dingin, patah tulang, kudis dan gizi buruk.


Pengalaman luar biasa ini, difilmkan pada tahun 1993, dan sejak itu menjadi salah satu kisah ajaib paling terkenal sepanjang masa.


Tahun 2006 lalu, Nando Parrado, salah seorang yang selamat, membukukan pengalamnya yang dramatis itu dalam buku berjudul Miracle in the Andes: 72 Days on the Mountain and My Long Trek Home.


2. Ekspedisi Franklin

Inilah ekspedisi yang paling disesali sepanjang masa yang populer dengan sebutan ekspedisi Franklin.

Seorang perwira angkatan laut yang sudah berpengalaman dan berkali-kali memimpin ekspedisi, dan kali itu tahun 1845, dia diperintahkan Sir John Barrow memimpin ekspedisi lagi, yakni menyelesasikan pemetaan bagian barat laut ujung Kanada dan melayari Kutub Utara.


Ekspedisi itu sendiri dilakukan dua kapal, Erebus dan HMS Terror, dua kapal canggih di zamannya.

blog-apa-aja.blogspot.com
Tapi kecanggihan teknologi, tak mampu mengalahkan alam. Konon dua kapal ini terkepung es di Victoria Selat dekat Pulau King William di Arktik Kanada. Franklin dan 128 crew dan peneliti, hilang.

Nasib ekspedisi Franklin ini baru terungkap berabad-abad kemudian. Selama itu pencarian terus dilakukan, bahkan dengan iming-iming hadiah.


Sebuah pencarian yang dipimpin oleh Francis Leopold McClintock pada tahun 1859 menemukan sebuah catatan yang tertinggal di Pulau King William tentang rincian ekspedisi itu. Pencarian kemudian dilanjutkan sampai abad ke-19.

blog-apa-aja.blogspot.com
Barulah pada tahun 1981, lewat penelitian tim ilmuwan yang dipimpin Prof Owen Beattie, seorang antropologi dari Universitas Alberta, berhasil mengungkap beberapa hal dari temuan mereka di Pulau Beechey dan Pulau Raja William.

Di Pulau Beechey di mana beberapa awak dikubur, ditemukan bahwa mereka meninggal karena radang paru-paru dan mungkin TBC dan keracunan timah.


Tapi penemuan yang juga mengejutkan di Pulau King Williams di mana terjadinya kanibalisme karena kelaparan sehingga akhirnya semua terbunuh.


3. Kapal Pemburu Paus Essex

Cerita tentang kanibalisme untuk survive di kalangan pelaut sebenarnya bukan hal yang baru. Bahkan pada awal-awal abad ke-19 dunia maritim marak dengan cerita-cerita mengerikan semacam itu. Salah satu contohnya adalah Kapal Essex, kapal pemburu paus, pada tahun 1820.

Kisah itu dimulai dengan kecelakaan kapal pada tahun 1820, di mana paus menabrak Essex yang menyebabkan kapal tersebut tenggelam di 2.000 mil laut (3.700 km) sebelah barat pantai barat Amerika Selatan.

blog-apa-aja.blogspot.com
Sebanyak 21 awak berhasil menyelamatkan diri di Pulau Henderson, wilayah kepulauan Pitcairn. Di Pulau Henderson mereka bertahan dengan makan ikan, burung juga tumbuhan yang ada, juga ditemukan sumber mata air kecil untuk minum.

Sayangnya, sumber daya alam pulau itu hanya cukup untuk seminggu, selanjutnya tidak ada lagi yang bisa dimakan. Mereka masih mencoba bertahan dengan minum air kencing sendiri, tapi tidak lama. Jadi, bisa ditebak apa yang terlintas di pikiran mereka untuk bisa bertahan.


Di sinilah berlaku hukum rimba, siapa yang kuat dia yang menang. Mereka saling membatai, saling memakan. Tidak ada teman, sahabat, bahkan saudara, semua saling bantai. Tragisnya, kapten kapal, Pollard ikut memakan sepupunya, Owen Coffin, yang sebelumnya dibantai oleh anak buahnya sendiri.


Pertolongan baru datang hampir setahun kemudian oleh kapal penangkap ikan Dauphin Nantucket 95. Saat itu dua orang yang selamat, kapten Pollard dan Ramsdell, orang yang membunuh Coffin sepupu Pollard. Di tempat terpisah crew lain berhasil diselamatkan kapal dagang India.


Sebanyak delapan orang berhasil diselamatkan. Pengakuan mereka, mereka berhasil bertahan hidup dengan mengkonsumsi mayat tujuh temannya.


4. Pengepungan Leningrad

Inilah kisah pengepungan paling lama dan paling banyak korban sepanjang sejarah. Pengepungan Leningrad atau popular juga dengan sebutan Blokade Leningrad, adalah operasi militer berkepanjangan yang dilakukan oleh Jerman dan pasukan pertahan Finlandia untuk memblokade Leningrad pada 8 September 1941. Pengepungan ini berlangsung selama dua tahun.
blog-apa-aja.blogspot.com
Pengepungan Leningrad yang menimbulkan korban 1,5 juta jiwa.

Kota ini benar-benar terisolasi, baik di darat maupun laut. Selama berbulan-bulan, para penduduk hanya makan dari danau yang ada di sana, tapi ketika musim dingin tiba, danau beku. Tentara Soviet mengalami kesulitan untuk memasok makanan. Masyarakat mulai kelaparan.


Untuk memenuhi kebutuhan akan makanan, para tukang roti di kota itu diperintahkan untuk membuat roti yang dicampur dengan serbuk gergaji. Ini semata-mata untuk bertahan hidup.


Selebihnya, burung, tikus, dan makan-makanan lain yang dalam kondisi normal jijik untuk dimakan, terpaksa menjadi santapan. Ini semua demi perut, dan demi kehidupan. Ketika tidak ada lagi yang bisa dimakan, maka mulailah terjadi kanibalisme.

blog-apa-aja.blogspot.com
Praktek ini terjadi semakin meluas di seluruh kota, sampai-sampai Polisi Leningrad merasa perlu melakukan patrol anti-kanibalisme, untuk mencegah kondisi makin buas dan tak terkendali.

Dan memang itulah tujuan Jerman dan Finlandia untuk menjatuhkan Soviet. Sekalipun belakangan diakui bahwa kanibalisme ini kenyataannya menyelamatkan kehidupan banyak orang, tapi pada saat itu polisi tetap melarang perbuatan itu.


Meski begitu kanibalisme tetap terjadi meski sembunyi-sembunyi. Diperkirakan, tragedi itu menyebabkan tewasnya 1,5 juta orang.


Berdasarkan catatan, ini bukan pertama kalinya rakyat Soviet melakukan kanibalisme. Sebelumnya, tahun 1932-1933 terjadi bencana kelaparan yang luas di Ukraina yang menyebabkan praktek kanibalisme terjadi di kawasan itu.


5. Holocaust

Sampai sekarang peristiwa itu masih menjadi sumber perdebatan. Holocaust adalah genosida sistematis yang dilakukan Jerman Nazi terhadap berbagai kelompok etnis, keagamaan, bangsa, dan sekuler pada masa Perang Dunia II.

Bangsa Yahudi di Eropa merupakan korban-korban utama dalam Holocaust, yang disebut kaum Nazi sebagai "Penyelesaian Terakhir Terhadap Masalah Yahudi".


Jumlah korban Yahudi umumnya dikatakan mencapai 6 juta jiwa. Genosida ini yang diciptakan Adolf Hitler dilaksanakan, antara lain, dengan tembakan-tembakan, penyiksaan, dan gas racun, di kampung Yahudi dan Kamp konsentrasi.


Selain kaum Yahudi, kelompok-kelompok lainnya yang dianggap kaum Nazi "tidak disukai" antara lain adalah bangsa Polandia, Rusia, suku Slavia lainnya, penganut agama Katolik Roma, orang-orang cacat, orang cacat mental, homoseksual, Saksi-Saksi Yehuwa (Jehovah's Witnesses), orang komunis, suku Gipsi (Orang Rom dan Sinti) dan lawan-lawan politik. Mereka juga ditangkap dan dibunuh.


Jika turut menghitung kelompok-kelompok ini dan kaum Yahudi juga, maka jumlah korban Holocaust bisa mencapai 9-11 juta jiwa.

blog-apa-aja.blogspot.com
Kesadisan Jerman memperlakukan tawanannya sudah menjadi cerita yang hidup puluhan tahun hingga kini. Apa dan bagaimana mereka diperlakukan menjadi kisah yang tak henti-hentinya mengundang air mata dan kemarahan.

Konon, para tawanan perang Jerman ini dibiarkan kelaparan di kamp-kamp konsentrasi yang didirikan Jerman. Dampaknya, demi mempertahankan hidupnya para tawanan pun saling memangsa satu sama lain.


6. Alferd Packer

Alferd Packer (21 November 1842 – 23 April 1907) sering dikenal sebagai satu-satunya warga Amerika yang pernah dihukum dengan tuntutan kanibalisme, meskipun sebenarnya tuntutannya adalah pembunuhan, bukan kanibalisme.

Anggota Partai Donner yang terkenal itu pun, tidak dihukum karena kanibalisme di California, karena secara hukum kanibalisme bukanlah kejahatan di Amerika Serikat.

blog-apa-aja.blogspot.com
Pada 9 Februari 1874, dia dengan 5 orang lainnya melakukan ekspedisi di pegunungan Colorado. Dua bulan kemudian Packer kembali dari ekspedisi sendirian.

Ketika ditanya kemana orang-orang yang telah pergi dengan dia, Packer mengatakan bahwa dia telah membunuh mereka semua untuk bertahan hidup dengan terpaksa memakan tubuh teman-temannya.
 

10 Teknologi Tinggi Milik Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Teknologi Kuno Bangsa Indonesia yang Canggih - Di zaman dahulu kala, para nenek moyang kita sudah menemukan banyak penemuan yang terbilang canggih. Tetapi sayang sekali banyak orang Indonesia sendiri tidak menyadarinya. Kali ini Indonesiatop.blogspot akan menulis beberapa teknologi kuno nenek moyang Indonesia.

1. Borobudur: bukti kecanggihan teknologi dan arsitektur
Borobudur adalah candi yang diperkirakan mulai dibangun sekitar 824 M oleh Raja Mataram bernama Samaratungga dari wangsa Syailendra. Borobudur merupakan bangunan candi yang sangat megah.

Tidak dapat dibayangkan bagaimana nenek moyang kita membangun Borobudur yang demikian berat dapat berdiri kokoh dengan tanpa perlu memakukan ratusan paku bumi untuk mengokohkan pondasinya, tak terbayangkan pula bagaimana batu-batu yang membentuk Borobudur itu dibentuk dan diangkut ke area pembangunan di atas bukit.
Bahkan dengan kecanggihan yang ada pada masa kini, sulit membangun sebuah candi yang mampu menyamai candi Borobudur. Borobudur juga mengadopsi Konsep Fraktal.
Fraktal adalah bentuk geometris yang memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bentuknya secara keseluruhan.
Candi borobudur sendiri adalah stupa raksasa yang di dalamnya terdiri dari stupa-stupa lain yang lebih kecil. Terus hingga ketidakberhinggaan. Sungguh mengagumkan nenek moyang kita sudah memiliki pengetahuan seperti itu. Bangunan Candi Borobudur benar-benar bangunan yang luar biasa.


2. Kapal Jung Jawa: Teknologi kapal raksasa
Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus, para penjelajah laut Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia. Meskipun sejak 500 tahun sebelum Masehi orang-orang China sudah mengembangkan beragam jenis kapal dalam berbagai ukuran, hingga abad VII kecil sekali peran kapal China dalam pelayaran laut lepas.
Dalam catatan perjalanan keagamaan I-Tsing (671-695 M) dari Kanton ke Perguruan Nalanda di India Selatan disebutkan bahwa ia menggunakan kapal Sriwijaya, negeri yang ketika itu menguasai lalu lintas pelayaran di ”Laut Selatan”.
Pelaut Portugis yang menjelajahi samudera pada pertengahan abad ke-16 Diego de Couto dalam buku Da Asia, terbit tahun 1645 menyebutkan, orang Jawa lebih dulu berlayar sampai ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar.

Ia mendapati penduduk Tanjung Harapan awal abad ke-16 berkulit cokelat seperti orang Jawa. 'Mereka mengaku keturunan Jawa,' kata Couto, sebagaimana dikutip Anthony Reid dalam buku Sejarah Modern Awal Asia Tenggara.

Berdasarkan relief kapal di Candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang kita telah menguasai teknik pembuatan kapal. Kapal Borobudur telah memainkan peran utama dalam segala hal dalam bahasa Jawa pelayaran, selama ratusan ratus tahun sebelum abad ke-13.

Memasuki abad ke-8 awal, kapal Borobudur digeser oleh Jung besar Jawa, dengan tiga atau empat layar sebagai Jung. Kata 'Jung' digunakan pertama kali dalam perjalanan biksu Odrico jurnal, Jonhan de Marignolli, dan Ibn Battuta berlayar ke Nusantara, awal abad ke-14.
Mereka memuji kehebatan kapal Jawa raksasa sebagai penguasa laut Asia Tenggara. Teknologi pembuatan Jung tak jauh berbeda dari karya kapal Borobudur; seluruh badan kapal dibangun tanpa menggunakan paku.

Disebutkan, jung Nusantara memiliki empat tiang layar, terbuat dari papan berlapis empat serta mampu menahan tembakan meriam kapal-kapal Portugis.

Bobot jung rata-rata sekitar 600 ton, melebihi kapal perang Portugis. Jung terbesar dari Kerajaan Demak bobotnya mencapai 1.000 ton yang digunakan sebagai pengangkut pasukan Nusantara untuk menyerang armada Portugis di Malaka pada 1513. Bisa dikatakan, kapal jung Nusantara ini disandingkan dengan kapal induk di era modern sekarang ini.

 
3. Keris: kecanggihan teknologi penempaan logam
Teknologi logam sudah lama berkembang sejak awal masehi di nusantara. Para empu sudah mengenal berbagai kualitas kekerasan logam. Keris memiliki teknologi penempaan besi yang luar biasa untuk ukuran masyarakat di masa lampau.

Keris dibuat dengan teknik penempaan, bukan dicor. Teknik penempaan disertai pelipatan berguna untuk mencari kemurniaan besi, yang mana pada waktu itu bahan-bahan besi masih komposit dengan materi-materi alam lainnya.

Keris yang mulanya dari lembaran besi yang dilipat-lipat hingga kadang sampai ribuan kali lipatan sepertinya akan tetap senilai dengan prosesnya yang unik, menarik dan sulit. Perkembangan teknologi tempa tersebut mampu menciptakan satu teknik tempa Tosan Aji ( Tosan = besi, Aji = berharga).

Pemilihan akan batu meteorit yang mengandung unsur titanium sebagai bahan keris, juga merupakan penemuan nenek moyang kita yang mengagumkan. Titanium lebih dikenal sebagai bahan terbaik untuk membuat keris karena sifatnya ringan namun sangat kuat.

Kesulitan dalam membuat keris dari bahan titanium adalah titik leburnya yang mencapai 60 ribu derajat celcius, jauh dari titik lebur besi, baja atau nikel yang berkisar 10 ribu derajat celcius.

Titanium ternyata memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis unsur logam lainnya. Unsur titanium itu keras, kuat, ringan, tahan panas, dan juga tahan karat.

Unsur logam titanium baru ditemukan sebagai unsur logam mandiri pada sekitar tahun 1940, dan logam yang kekerasannya melebihi baja namun jauh lebih ringan dari besi. Dalam peradaban modern sekarang, titanium dimanfaatkan orang untuk membuat pelapis hidung pesawat angkasa luar, serta ujung roket dan peluru kendali antar benua.


4. Benteng Keraton Buton: Arsitektur bangunan untuk pertahanan
Di Buton, Sulawesi Tenggara ada Benteng yang dibangun di atas bukit seluas kurang lebih 20,7 hektar. Benteng yang merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton ini memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur.

Benteng yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang keliling 2.740 meter. Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang dan 16 pos jaga / kubu pertahanan (bastion) yang dalam bahasa setempat disebut baluara.

Tiap pintu gerbang (lawa) dan baluara dikawal 4-6 meriam. Jumlah meriam seluruhnya 52 buah. Pada pojok kanan sebelah selatan terdapat godana-oba (gudang mesiu) dan gudang peluru di sebelah kiri.

Letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya. Benteng ini menunjukkan betapa hebatnya ahli bangunan nenek moyang kita dalam membuat teknologi bangunan untuk pertahanan.

 
5. Si Gale gale: Teknologi Robot tradisional Nusantara
Orang Toba Batak Sumatra utara pada zaman dahulu sudah bisa membuat robot tradisional yang dikenal dengan sebutan si gale-gale. Boneka ini menguasai sistem kompleks tali yang dibuat sedemikian rupa. Melalui tali yang ditarik ulur inilah boneka itu dapat membungkuk dan menggerakan “tangannya” sebagai mana layaknya orang menari.

Menurut cerita, Seorang Raja dari Suku Karo di Samosir membuat patung dari kayu untuk mengenang anak satu-satunya yang meninggal dunia. Patung kayu tersebut dapat menari-nari yang digerakkan oleh beberapa orang. Sigale - gale dimainkan dengan iringan musik tradisional khas Batak.

Boneka yang tingginya mencapai satu setengah meter tersebut diberi kostum tradisional Batak. Bahkan semua gerak-geriknya yang muncul selama pertunjukan menciptakan kesan-kesan dari contoh model manusia.

Kepalanya bisa diputar ke samping kanan dan kiri, mata dan lidahnya dapat bergerak, kedua tangan bergerak seperti tangan-tangan manusia yang menari serta dapat menurunkan badannya lebih rendah seperti jongkok waktu menari.

Si gale-gale merupakan bukti bahwa nenek moyang kita sudah dapat membuat boneka mekanikal atau robot walau dalam bentuk yang sederhana. Robot tersebut diciptakan untuk dapat meniru gerakan manusia.

 
6. Pengindelan Danau Tasikardi, Banten : Kecanggihan Teknologi Penjernihan Air
Nenek moyang kita ternyata sudah mengembangkan teknologi penyaringan air bersih. Sekitar abad ke16-17 Kesultanan Banten telah membangun Bangunan penjernih air untuk menyaring air yang berasal dari Waduk Tasikardi ke Keraton Surosowan.

Proses penjernihannya tergolong sudah maju. Sebelum masuk ke Surosowan, air yang kotor dan keruh dari Tasik Ardi disalurkan dan disaring melalui tiga bangunan bernama Pengindelan Putih, Abang, dan Emas.

Di tiap pengindelan ini, air diproses dengan mengendapkan dan menyaring kotoran. Air selanjutnya mengalir ke Surosowan lewat serangkaian pipa panjang yang terbuat dari tanah liat dengan diameter kurang lebih 40 cm.

Terlihat sekali bahwa pada masa tersebut sudah mampu menguasai teknologi pengolahan air keruh menjadi air layak pakai.

Danau Tasik Ardi sendiri merupakan danau buatan. Sebagai situs sejarah, keberadaan danau ini adalah bukti kegemilangan peradaban Kesultanan Banten pada masa lalu.

Untuk ukuran saat itu, membuat waduk atau danau buatan untuk mengairi areal pertanian dan memenuhi kebutuhan pasokan air bagi penduduk merupakan terobosan yang cemerlang.


7. Karinding: Teknologi pengusir hama dengan gelombang suara
Ternyata nenek moyang dan leluhur kita mempunyai suatu alat musik tiup tradisional yang berfungsi sebagai hiburan sekaligus pengusir hama.

Alat musik dari Sunda ini terbuat dari pelepah kawung atau bambu berukuran 20 x 1 cm yang dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian jarum tempat keluarnya nada (disebut cecet ucing atau ekor kucing), pembatas jarum, dan bagian ujung yang disebut panenggeul (pemukul).

Jika bagian panenggeul dipukul, maka bagian jarum akan bergetar dan ketika dirapatkan ke rongga mulut, maka akan menghasilkan bunyi yang khas.

Alat ini bukan cuma untuk menghibur tapi juga ternyata berfungsi mengusir hama di kebun atau di ladang pertanian. Suara yang dihasilkan oleh karinding ternyata menghasilkan gelombang low decibel yang menyakitkan hama sehingga mereka menjauhi ladang pertanian.

Frekuensi suara yang dikeluarkan oleh alat musik tersebut menyakitkan bagi hama tersebut, atau bisa dikatakan frekuensi suaranya melebihi dari rentang frekuensi suara hama tersebut, sehingga hama tersebut akan panik dan terganggu konsentrasinya.

Kecanggihan Karinding sebagai bukti bahwa nenek moyang kita sejak dulu sudah mampu menciptakan alat yang menghasilkan gelombang suara. Ini adalah alat mengusir hama yang aman bagi lingkungan. Dibutuhkan perhitungan yang teliti untuk menciptakan alat musik seperti itu.

 
8. Rumah Gadang: Arsitektur Rumah Aman Gempa
Para nenek moyang orang Minang ternyata berpikiran futuristik alias jauh maju melampaui zamannya dalam membangun rumah. Konstruksi rumah gadang ternyata telah dirancang untuk menahan gempuran gempa bumi.

Rumah gadang di Sumatera Barat membuktikan ketangguhan rekayasa konstruksi yang memiliki daya lentur dan soliditas saat terjadi guncangan gempa hingga berkekuatan di atas 8 skala richter.

Bentuk rumah gadang membuat Rumah Gadang tetap stabil menerima guncangan dari bumi. Getaran yang datang dari tanah terhadap bangunan terdistribusi ke semua bangunan.

Rumah gadang tidak menggunakan paku sebagai pengikat, tetapi berupa pasak sebagai sambungan membuat bangunan memiliki sifat sangat lentur.

Selain itu kaki atau tiang bangunan bagian bawah tidak pernah menyentuh bumi atau tanah. Tapak tiang dialas dengan batu sandi.

Batu ini berfungsi sebagai peredam getaran gelombang dari tanah, sehingga tidak mempengaruhi bangunan di atasnya. Kalau ada getaran gempa bumi, Rumah Gadang hanya akan berayun atau bergoyang mengikuti gelombang yang ditimbulkan getaran tersebut

Darmansyah, ahli konstruksi dari Lembaga Penanggulangan Bencana Alam, Sumatera Barat menyebutkan, dari sisi ilmu konstruksi bangunan rumah gadang jauh lebih maju setidaknya 300 tahun dibanding konstruksi yang ada di dunia pada zamannya.


9. Tempe: Pemanfaatan bioteknologi untuk makanan
Tempe merupakan hasil bioteknologi sederhana khas Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakan Rhizopus untuk membuat tempe dari kedelai. Semua ini adalah penggunaan mikroba atau mikroorganisme pada tingkat sel untuk tujuan pangan.

Sebenarnya mengolah kedelai dengan ragi juga dilakukan di negara lain seperti China, Jepang, India, dll. Tetapi yang menggunakan Rhizopus hanya di Indonesia saja. Jadi kemampuan membuat tempe kedelai adalah penemuan orang Indonesia.

Tempe sudah dikenal sejak berabad-abad lalu di Nusantara. Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 telah ditemukan kata 'tempe'.

Kini, tempe sudah merambah manca negara, tidak saja karena rasa dan aromanya, namun juga karena kandungan gizinya. Penemuan tempe adalah sumbangan nenek moyang kita pada seni masak dunia.


10. Pranata Mangsa: Sistem penanggalan musim bukti kepandaian ilmu astronomi nenek moyang kita
Seperti kebudayaan-kebudayaan lain di dunia, masyarakat asli Indonesia sudah sejak lama menaruh perhatian pada langit. Pengamatan langit digunakan dalam pertanian dan pelayaran.

Dalam masyarakat Jawa dikenal pranatamangsa, yaitu peramalan musim berdasarkan gejala-gejala alam, dan umumnya berhubungan dengan tata letak bintang di langit.

Menurut Daldjoeni di bukunya 'Penanggalan Pertanian Jawa Pranata Mangsa', Pranata Mangsa tergolong penemuan brilian. Kompleksitasnya tak kalah bobot dari sistem penanggalan yang ditemukan bangsa Mesir Kuno, China, Maya, dan Burma. Lebih-lebih jika dibandingkan dengan model Farming Almanac ala Amerika, Pranata Mangsa jauh lebih maju.

Meskipun teknologi sudah semakin canggih seperti sekarang ini, penerapan perhitungan pranata mangsa masih relevan. Hal itu dikarenakan nenek moyang kita dulu mempelajari gejala-gejala alam seperti musim hujan/kemarau, musim tanaman berbunga/berbuah, posisi rasi bintang, pengaruh bulan purnama, dan sebagainya. Dengan mempelajari gejala-gejala alam tersebut nenek moyang kita dapat lebih menghargai kelestarian alam.

Sebenarnya masih banyak teknologi-teknologi yang digunakan nenek moyang kita yang tidak dituliskan disini.

Dari penemuan-penemuan itu sebenarnya sejak dulu bangsa Indonesia sudah mampu menguasai teknologi canggih di zamannya maka tidak pantas lah bila kita menyombongkan diri sebagai generasi sekarang bila kita tidak menghargai dan mengapresiasi leluhur kita.

Nenek moyang kita telah berhasil membangun candi-candi yang sangat indah arsitekturnya dan bertahan ratusan tahun.

Nenek moyang kita juga membangun armada laut yang telah mengarungi samudra luas.

Nenek moyang kita juga telah menemukan benda-benda yang tebilang sederhana tapi banyak manfaatnya.

Itu semua bukti bahwa nenek moyang kita sangat cerdas. Penjajahlah yang telah membuat kita lemah dan kurang percaya diri. Karena itu, setelah menjadi bangsa yang merdeka kita harus dapat bangkit kembali untuk mensejajarkan diri dengan bangsa lain yang telah maju.