Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

BENARKAH MISTERI HILANGNYA ENIGMA TERPECAHKAN?

Enigma….  Satu sosok blogger misterius yang cukup ternama di Indonesia, ia begitu dikagumi banyak orang. Tak hanya karena analisanya yang sangat mendalam mengenai hal-hal misteri tetapi juga karena kepribadiannya yang perhatian terhadap para penggemar. Dengan mudah kita dapat berinteraksi lewat e-mailnya yang beralamat di kingdom.enigma@gmail.com. Namun beberapa Bulan ini ia menghilang dengan misterius pula.


Tentu hal ini membuat banyak orang kehilangan, salah satunya adalah saya. Jujur, saya bukan seorang blogger melainkan hanya seseorang yang tak bisa tidur sebelum membaca, dan Blog Enigma inilah yang menjadi langganan pengantar mimpi saya.


Sejak 2010 lalu, hampir setiap malam saya membaca postingannya dan kadang saya juga melaporkan kejadian/berita aneh ke email tersebut. Terakhir kali saya melaporkan sebuah kasus yaitu mengenai episode Red Mist Spongebob bulan Agustus lalu. Namun sejak itu tak pernah saya menemukan postingan baru yang ia buat, bahkan email balasan pun tak pernah, ia seolah menghilang. Namun yang membuat saya heran adalah setiap komentar yang diberikan pembaca selalu ditampilkan setelah ia tidak aktif, Ada apa dengan Bung Enigma? Kemana ia? Pertanyaan tersebut sudah pasti menjadi isi kepala banyak orang, namun akhirnya ada satu titik terang tentang hal itu ketika Tanggal 04 Oktober 2011 saya mendapat email balasan dari seseorang yang mengatasnamakan adiknya. Ia bernama Poppy seorang Gadis berusia 20 Tahun yang masih kuliah semester 4 di salah satu Univ. Swasta di Jakarta. Awalnya saya amat sangat tidak percaya sekali, tetapi melalui berbagai hal yang saya temukan, Sosok Poppy bisa jadi benar merupakan pewaris takhta dari Kerajaan Enigma namun masih ada keraguan di hati saya dan saya benar-benar butuh pendapat atau masukkan dari anda para fans Enigma. Untuk itu dalam postingan ini saya berikan seluruh percakapan di email kami beserta kronologisnya, agar anda bisa membantu saya apakah dia (POPPY) adalah benar atau hanya seseorang yang ingin mencari ketenaran.

(Sore hari Tanggal 04 Oktober 2011 sepulang saya kerja, saya membuka email dan saya pun agak terkejut ketika membaca salah satu email)

“Siang pak, mungkin bapak gak kenal saya tapi pasti kenal kakak saya, saya adik dari yang Bapak sebut Bung E  (enigma), ada sesuatu yang mau saya sampaikan pak. Tapi please dengerin dulu, jangan kayak yg laen saya malah dianggap cari sensasi”

(saya terdiam dan dalam hati berkata Apa mungkin? Akh paling juga temen yang iseng, itu pikir saya. Ahirnya saya pun membalas dengan kurang serius)

Non…. Saya gak kenal Enigma, saya cuma sering ngirim email ke dia aja. Dan lagian saya bukan bapak-bapak banget, kok malah dipanggil bapak. Emangnya apa yang mau disampaikan?

(cukup lama saya terdiam memikirkan hal itu, Apa benar dari adiknya Bung E? Yang tahu bahwa saya adalah fans Enigma cuma 1 orang teman, mungkin teman saya iseng karena saya sering ngomong bahwa saya kehilangan bahan bacaan terbaik di internet apalagi pengirim memanggil saya dengan sebutan Bapak. Malam harinya sekitar jam 8 saya kembali membuka email, ternyata email yang tadi sore sudah dibalas. Dan di sinilah percakapan cukup panjang terjadi)

Saya serius mas, mas Enigma udah gak ada, yg mau saya katakan itu tolong sampaikan ke para Fans tentang kematian mas Enigma juga tentang artikel terakhirnya yang belum sempat diposting, caranya ya terserah mas.

Kalau benar  Bung Enigma sudah wafat, terus yang nerima komen di postingan siapa?

Demi Tuhan Saya serius. Mas enigma udah meninggal bln Agustus lalu, saya udah umumin itu di komen tapi gak pernah di gubris. Mungkin gara2 sya pake profil anonymous. Yang acc komen itu saya, tapi cuma lewat Opera Mini di HP bekas mas Enigma saya juga nemu gak sengaja di history ada dashboard blogger. Awalnya sih bisa, Cuma sekarang gak bisa masuk lagi, gara2 HP nya kerestart.

(saya mulai tertarik dengan orang ini, sebab saya pernah membaca komentar dari Anonymous di postingannya yang isinya menyampaikan bahwa Enigma telah meninggal)

Kenapa malah pake Anonymous kalo mbak benar bisa buka punya si abang?

Saya gak berhak pake profil dia, selama ini dia menjaga privasinya. Kenapa harus saya rusak dengan tiba2 ngomong bahwa “Mohon maaf saya sudah meninggal”??? Ini kan jelas pasti ngundang kontroversi dan kekecewaan buat fansnya, kemungkinan blog enigma hanya jadi selingan dan bisa2 artikel terakhirnya gak akan pernah kebaca fans padahal itu yang jadi beban utama saya dan kalo misalnya bgitu lagi2 saya yg ngerusak prinsip dia yg slalu perhatian sama fans karna saya ingkar amanat.

Terus kenapa Mbak malah email ke saya bukan ke fans yang lain? Dari mana mbak bisa tahu alamat email saya? Kenapa baru sekarang mbak ngasi tau saya?

Saya baru ngasi tahu sekarang karena baru nemu, saya ngirim email gak ke mas doang kok..... Gini ni saya ceritain. setelah Mas E meninggal laptopnya saya yg pegang. Udah lama saya tahu dia blogger yg namanya enigma, saya juga yang bikin akun facebooknya soalnya dia gak mau dipromosiin. Saya penasaran banget tentang isi laptopnya, semua folder saya buka kebanyakan isinya file kerjanya, selain itu saya coba buka akun2 internetnya tapi ternyata masih terkunci. Akhirnya saya cuma pake laptopnya dia seperlunya krna saya juga megang laptop pribadi. Terus suatu hari saya iseng ngotak ngatik HP peninggalannya, saya masuk opera mini nah disitu saya nemu dashboard blogger dan mulai suka milih2 komen buat dimunculin ke postingan. Cuma blum pernah buka email, baru pas hari rabu saya buka email ternyata langsung masuk ke  kingdom enigma. Disana banyak banget Inbox. yang bikin saya penasaran ada 11 pesan yg dia simpen. Mungkin disimpan karena emailnya menarik atau mungkin bahan buat artikel. Disitu ada 11 email yg salah satunya dari Mas ini. Semua email tadi saya kirim lagi ke email saya soalnya saya penasaran dan pengen buka di laptop. Saya baca yg 11 itu terus saya kirim email juga ke pengirimnya dan mas ini baru yg ke 7. Email saya ke yg lain ada yg gak dibalas, malah 3 orang anggap saya cari sensasi. Mudah-mudahan mas bisa dengerin saya.

(Saya terkejut, Ya Tuhan benarkah ini??? Semuanya mulai masuk akal sekarang, tapi saya tetap belum percaya pada orang ini)

Jadi bener Mbak??? Terus yang mbak maksud artikel terakhir itu apa?

Artikel terakhir itu tentang Red mist dari serial Spongebob saya nemuin di folder khusus artikelnya dia, kebetulan sekali setelah saya cocokan ternyata sama dengan laporan dari emailnya mas. Dan mas perlu tahu kalo mas Enigma itu selalu mencatat bahan artikelnya di buku saku dan disana saya nemu halaman ini.

(Saya benar-benar terkejut kali ini, karena tak ada seorangpun yang tahu saya melaporkan tentang kasus Red Mist berarti orang ini bukan sekedar membual. Ia adalah harapan dari fans Enigma setelah sang pembongkar misteri itu menghilang. Di email itu ada 2 lampiran yaitu sebuah artikel dalam format Ms. Word 2007 (Anda bisa melihatnya di sini) dan sebuah scan halaman buku saku. Kemudian saya membaca artikelnya, dan Ya Tuhan… ini identik dengan tulisan Bung Enigma, analisa yang dalam dengan sumber referensi asing beserta orientasi awal yang sederhana namun jelas. Di situ saya benar-benar terhenyak, Saya memandangi tulisan di catatan kecil itu, lingkaran merah yang menandai selesainya investigasi bung Enigma ada di tangan saya. Benarkah ini??? Saya terus memikirkannya dengan cukup lama sehingga malam sudah larut. Esok harinya sekitar jam 4 Sore kembali saya kirim email kepadanya)

Maaf mbak sebenarnya saya mulai percaya dari bukti-bukti yang mbak sampaikan tapi masih ada sedikit ragu, sebagai fans enigma saya juga tentu gak bisa buru-buru untuk yakin dan menyampaikan ini ke fans Bung E yang lain, Gimana ya?

(setelah ditunggu email belum juga dibalas, ternyata Poppy sering online malam hari, dan kami baru bisa mengobrol jam 9 malam)

Kok malah nanya? Maksud mas apa?

Tolong yakinkan saya tentang siapa mbak, kalo bener mbak itu adiknya bisa kan cerita tentang Bung Enigma??

Ya bisa, tapi tetap namanya gak akan saya kasi tau, soalnya saya yakin dia gak butuh popularitas dan pasti ia ingin kepergiannya tenang, bayangin aja berapa blogger dan berapa media yang akan menjambangi makam nya, kalo misalnya identitasnya ketauan???

Oh kalo itu saya ngerti, ceritakan tentang mbak dulu lah ya, ini buat data soalnya nanti email ini saya posting agar saya gak jadi bulan-bulanan blogger atau fans bung E

Saya Poppy adiknya bung E, saya baru berusia 20 Tahun sekarang ini tinggal di Jak-tim. Saya kuliah smt.4 Jurusan Akuntansi di salah satu universitas di Jakarta. Gea yg di email itu bukan nama tapi cuma singkatan. Udah cukup lakh yaaa?? Nanti kalo terlalu jelas, identitas kakak saya juga bisa kelacak. Saya gak keberatan chat kita diposting atau kalo perlu mas tampilin juga alamat email saya supaya yg anggap saya bohong bisa langsung konfirmasi.

Ya makasi kalo gitu, jadi saya gak terlalu terbebani. Nah sekarang coba ceritakan tentang abang mu itu?

Ibu kami dari Jambi sedangkan Ayah dari Jogja. Masa kecil hidup di Jambi tapi waktu saya masih SD kami pindah ke Jogja karena bisnis ayah banyak di sana. Kebetulan ayah buka beberapa toko Woodcraft. Ayah juga buka cabang di Jabodetabek. Mas E kuliahnya juga di Jakarta setelah lulus ia malah pengen tinggal di rumah Nenek di Jambi, Tahun 2003 barulah ia ke Jakarta lagi dan bekerja sebagai akuntan di perusahaan yg brgerak di bidang perumahan terus tahun 2009 saya lulus SMA dari Jogja saya nyusul mas E ke Jakarta dan tinggal sama dia, ia gak terlalu sibuk sih kayaknya cuma waktu tertentu aja kadang sampe gak pulang tapi kadang cuma diam di toko sama pegawai, ia juga buka warnet di samping toko. Temannya sedikit mas, kebanyakan bapak-bapak yang suka datang ke rumah, padahal mas E masih kelihatan muda, ia baru berumur 29 Tahun. Mas E itu baik, perhatian, pendiam dan suka music pop klasik. Band Favoritnya Michael Learns To Rock. Setau saya dia punya pacar temen kerjanya juga, namanya mbak V. Cuman 1 yg saya kecewa ama dia, dia itu perokok berat n peminum kopi, katanya sih orang tekun emang begitu supaya tetap gak bete. Tanggal 2 Agustus anemia nya parah mungkin karena sering begadang, sampe ia harus ke rumah sakit. Kata ayah bawa aja pulang ke jogja supaya ibu bisa ngurus. Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah, aku gak tau kenapa ternyata setelah sampai di rumah kakak ku udah meninggal mas. Aku pingsan waktu itu dan sadar setelah ia dimakamkan. Bagitu kisah singkatnya mas, sekarang ini aku tinggal sama ayah di Jakarta, karena setelah Mas E meninggal ayah takut gak ada yg jaga aku di Jakarta.

(ini cukup rasional buat saya, bagaimana menurut anda?)

Seolah terhipnotis oleh kisahnya. Saya menjadi yakin bahwa Poppy adalah benar adik Bung Enigma. Karena saya memang sama sekali tidak tahu tentang identitas asli bung Enigma. Kini yang ada di pikiran saya adalah saya harus bisa membuktikan keberadaan Poppy jangan sampai ia hanya tokoh fiktif. Saya pun meminta Nomor ponselnya tanpa kesulitan saya pun mendapatkannya. Di hari-hari selanjutnya percakapan banyak kami lakukan lewat SMS / Telpon. Saya selalu membujuknya agar mau menjadi penerus Enigma karena mungkin bisa menjadi sedikit penghilang dahaga akan artikel Bung E, tapi menurutnya ia tak setekun dan sepintar sang kakak, ia lebih banyak menggunakan intenet untuk social networking. Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau, jadi saya membuat blog ini untuknya sebagai persembahan terima kasih kepada Bung Enigma, kemungkinan nantinya akan dilanjutkan oleh Poppy jika memang fans Enigma mempercayainya dan ekspektasi terhadap Enigma masih terjaga dan saat ini Poppy sudah mulai belajar menganalisa beberapa masalah misteri, kita tunggu saja apa yang bisa ia perbuat.

Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini, namun saya tidak berani melakukannya sebelum saya bertemu langsung dengannya untuk membuktikan siapa dia, dan akhirnya Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor. Ternyata sosok Poppy yang saya temui jauh dari apa yang saya bayangkan, Dia hanya Remaja putri Indonesia pada umumnya. Rambut rebonding, celana ketat, kaos oblong dan cukup manis menurut saya, yang menjadi perbedaan ia tampak lebih pendiam daripada teman-temannya. Dan kelak gadis itulah sang pewaris takhta Kingdom of Enigma. Selamat jalan bung E. Damai bersama mu…………

Demikianlah perkenalan saya dengan seseorang yang mengaku adik bung Enigma yang akhirnya saya yakini bahwa ia bukan hanya membual. Dari hasil analisa saya ada 3 kemungkinan mengenai kejadian ini :

1. Poppy adalah benar adik bung Enigma
Pendapat ini masih diragukan karena Poppy pernah mengirim email berisi beberapa foto Bung E yang setelah saya bandingkan dengan Foto mata kanan Bung E yang ia pajang di Blog sepertinya ada perbedaan, tapi bisa saja foto-foto tersebut diambil di waktu yang berbeda jauh.
Coba anda bandingkan foto ini, tapi mohon maaf foto fullfacenya terpaksa saya crop untuk tetap menjaga kerahasiaan identitas Bung Enigma (jika foto ini benar)


3 buah foto dari Poppy











Foto Bung Enigma

2. Poppy adalah hacker yang meretas email saya
Tapi analisa ini punya 2 kelemahan yaitu pertama apa mungkin Poppy bisa meretas email? Kedua di salah satu email Poppy ada artikel yang mirip tulisan bung Enigma, pertanyaannya adalah Dari mana artikel itu? Setelah saya cari di Google ternyata tidak ada berita yang menggunakan kalimat yang sama, jadi bukan hasil copas. Apa mungkin remaja seperti Poppy mampu membuatnya?

3. Teman saya yang meretas email kemudian mengumpulkan data dan membuat artikel, selanjutnya menyewa seseorang untuk berakting menjadi Poppy
Kelemahannya adalah tidak ada teman saya yang cukup paham programming, bahkan sering kali saya yang membantu mereka, dan untuk apa repot-repot ngerjain saya dengan teori konspirasi yang rumit ini?

Saya mohon bantuan kepada semua pembaca yang mengenal Enigma (atau bahkan bung Enigma sendiri), untuk menganalisis semua yang saya alami ini. Apakah Poppy memang benar adanya??? Ataukah ia hanya seorang remaja yang haus sensasi??? Sesuai keinginannya, bagi yang ingin langsung berinteraksi dengannya kirim email ke gea.poppy@yahoo.com Kelanjutan blog ini ada di tangan anda, kita tunggu saat Poppy terbukti benar dan kemudian menjadi The Enigma Girl, pemilik blog Tinta Merah. 
 
http://gloomy-red.blogspot.com/2012/02/benarkah-misteri-hilangnya-enigma.html

3 comments:

Triyan Arief Wibowo mengatakan...

analisa saya dia adiknya cukup kuat, sekitar 97% dengan keadaan yg dia ceritakan

Anonim mengatakan...

kalaupun benar, selamat jalan utk sang legenda Bang E
moga tahta kerajaan enigma diteruskan oleh adiknya

Penghuni 60 mengatakan...

itu hoax sob, silahkan baca klarifikasinya disini:
http://penghuni60.blogspot.com/2012/02/titik-terang-misteri-hilangnya-enigma.html
aku mendapatkan email langsung dari Bang E sendiri tgl 7 Feb. Bang E msh hidup.
itu hanya ulah seseorg yg menamakan dirinya Mr. Questio.

Poskan Komentar