Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

5 Sungai Terdalam di Dunia

Pernahkah Anda mengalami masa kecil yang polos, nakal, dan suka bermain-main di pinggiran sungai. Bila pernah, kami yakin pasti saat itu, anda tak merasa takut akan dalamnya sungai dan derasnya arus. Seiring bertambahnya rasa takut, ketika kita lewat di depan sebuah sungai, kita selalu penasaran sedalam apa sungai tersebut. Mungkin ada beberapa sungai yang tidak mengkhawatirkan kita. Namun, jangan coba-coba bermain-main dengan kelima sungai berikut. Karena mereka begitu dalam. Sungai apa sajakah itu?

1. Sungai Mississippi ~ 61 meter (200 kaki)
 
Sungai Mississippi adalah kekuatan geologis terbesar di Amerika Utara. Sungai ini berkepanjangan 2.300 mil (3.700 km) dan mengalir dengan kecepatan rata-rata 3 mil per jam ketika melewati New Orleans. Sungai ini menerima air dari 31 negara bagian dan dua provinsi Kanada, dan menghantar rata-rata 436 ribu ton endapan setiap hari di sepanjang tahun. Sungai ini memiliki kedalaman maksimal kira-kira 200 kaki. Apa yang kita sebut sebetulnya adalah Sungai Mississippi Bawah, dimulai di Cairo, Illinois, ketika Sungai Ohio bertemu dengan Sungai Mississippi Atas yang lebih kecil dan jinak.

2. Sungai Saint Lawrence ~ 65 meter (213 kaki)
 
Berasal di ujung timur laut Danau Ontario, Sungai St. Lawrence River mengalir sepanjang 700 mil (1.125 km) ke Samudera Atlantis. Dengan lebar rata-rata dua mil dan kedalaman maksimal sekitar 200 kaki, saluran alam satu-satunya untuk Sistem Danau-danau Besar ini adalah sungai timur-barat di Amerika Utara.

3. Sungai Hudson ~ 66 meter (216 kaki)
 
Sungai Hudson dimulai di Danau Tear of the Clouds di pinggiran barat daya Gunung Marcy, puncak tertinggi New York. Sungai Hudson memiliki panjang 315 mil (507 km). Titik terdalamnya adalah hampir mendekati Ujung Dunia dekat Titik Barat yang berkedalaman 216 kaki. Titik terlebarnya adalah Haverstraw dimana lebarnya adalah tiga setengah mil.

4. The Yellow River ~ 80 kaki (262 kaki)
 
Yellow River atau Huang He, yang asalnya dikenal sebagai Hwang Ho, adalah sungai terpanjang kedua di Cina (setelah Yangtze) dan terpanjang keenam di dunia dengan kepanjangan kira-kira 5.464 kilometer (3.395 mil). Sungai ini terkenal atas gunung endapan besar yang dihantarkannya—1,6 miliar ton pertahun pada titik dimana sungai ini menurun dari Dataran Tinggi Loess. Jika sungai ini mengalir ke laut dengan volum yang cukup, 1,4 miliar ton dihantar ke laut tersebut setiap tahun.

5. Sungai Amazon ~ 91 meter (300 kaki)
 
Amazon di Amerika Selatan adalah sungai terpanjang kedua di dunia dan sejauh ini memiliki aliran air tercepat dengan rata-rata pelepasan yang lebih besar dari ketujuh sungai besar lainnya. Amazon, yang memiliki cekungan saluran terbesar di dunia, sekitar7.050.000 km persegi (2.720.000 mil persegi), menyumbang kira-kira seperlima total arus sungai dunia.
 
 

5 Fakta Unik Otak Manusia


Setelah ribuan tahun dipelajari, mulai terungkap beberapa sisi misterius otak manusia. Terdapat beberapa fakta yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikir oleh manusia.

Otak adalah salah satu organ yang paling menakjubkan yang ada di dalam tubuh manusia, karena ia dapat mengendalikan sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara normal.

Otak manusia sangatlah kompleks dan terdiri sekitar 100 miliar saraf (neuron) dan ada begitu banyak hal terjadi di dalam otak dengan berbagai bidang yang berbeda. Karenanya otak termasuk salah satu organ vital dalam kehidupan manusia.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, ini dia beberapa fakta lain seputar otak manusia yang belum banyak diketahui:

1. Otak tetap aktif meskipun kepala sudah terpenggal.
Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui bahwa otak manusia bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Namun para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedut otot.

Dr Harold Hillman, mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey menuturkan bahwa kematian terjadi karena adanya pemisahan antara otak dengan sumsum tulang belakang, tapi hal ini bersifat menyakitkan sehingga banyak negara yang tidak memberlakukan metode ini.

2. Otak bisa mempelajari pesan bawah sadar.
Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar seseorang sehingga nantinya akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai ajang promosi untuk mempengaruhi seseorang agar mau membeli produknya.

3. Obat-obatan bisa menyebabkan lubang di otak.
Salah satu penelitian menyatakan penggunaan obat seperti mariyuana bisa menghilangkan sedikit memori, sedangkan untuk obat seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak. Sebenarnya satu-satunya hal yang dapat menimbulkan lubang di otak adalah akibat adanya trauma atau benturan fisik.

Selain itu sebuah studi dari New Scientist menyatakan penggunaan obat-obatan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan tidak normal dari otak yang bersifat permanen, karenanya sulit untuk mengubah perilaku dari seorang pecandu.

4. Otak manusia berwarna abu-abu.
Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebaagi materi abu-abu. Namun otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.

5. Otak manusia merupakan otak yang paling besar.
Beberapa binatang bisa menggunakan otaknya untuk melakukan berbagai hal yang dilakukan oleh manusia. Tapi sebenarnya otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak binatang manapun. Rata-rata berat otak manusia dewasa sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan binatang lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.

Namun berat dari otak ini dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, sehingga otak manusia tetap saja menjadi yang paling besar. Selain itu kecerdasan juga berkaitan dengan berbagai komponen di otak, dan mamalia memiliki korteks serebral terbesar yang bertanggung jawab terhadap fungsi memori, komunikasi dan berpikir.

10 Gunung Tertinggi Di Dunia




1. Everest, Pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 29,035 ft / 8,850 m.
everest
Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung paling tinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा,bahasa Sansekerta untuk “Dahi Langit”) dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atauQomolangma (”Bunda Semesta”), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng). Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.

2. K2 (Godwin Austen), Pegunungan Karakoram, Pakistan/China, 28,250 ft / 8,611 m.
k2
K2 ialah pegunungan tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi pegunungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karenacuacanya ang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki “Pegunungan Kejam” karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya. Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3. Kangchenjunga, Pegunungan Himalaya, India/Nepal, 28,169 ft / 8,586 m.
kangchenjunga
Kangchenjunga (Nepali:कञ्चनजङ्घा Kanchanjaŋghā) SewaLungma (Limbu) adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utaradari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada diDistrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund [2] [3] [4] [5] [6], yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4. Lhotse I, Pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 27,940 ft / 8,516 m.
lhotse

5. Makalu I, Pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 27,766 ft / 8,463 m.
makalu

6. Cho Oyu, Pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 26,906 ft / 8,201 m.
cho-oyu

7. Dhaulagiri, Pegunungan Himalaya, Nepal, 26,795 ft / 8,167 m.
dhaulagiri

8. Manaslu I, Pegunungan Himalaya, Nepal, 26,781 ft / 8,163 m.
manaslu

9. Nanga Parbat, Pegunungan Himalaya, Pakistan, 26,660 ft / 8,125 m.
nanga_parbat

10. Annapurna, Pegunungan Himalaya, Nepal, 26,545 ft / 8,091 m.
annapurna