Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY




Cari Misteri

Hewan-hewan disekitar kita yang menghilang


Thread ini gw buat utk mengingatkan masa kecil gw yg ga bisa dirasakan sama anak2 kecil jaman skrg..Gw beruntung jadi 'orang dulu', ga peduli lah dikatain bocah kampung,alay dsb...karena jadi anak kampung itu ternyata nikmat...

Masa kecil gw dihabiskan di sebuah kampung,yang bernama Kampung Tengah,deket Condet yang (dulunya) cagar budaya Betawi,kawasan timur Jakarta. Klo mau tau ini nih binatang2 yg udah jarang banget gw temuin di Jakarta/kota besar...karena lapangan/kebun habitat mereka utk hidup udah semakin langka,udah jadi apartemen,mall dsb...
silahkan klo juragan ada yg mo nambahin...

ada yg request


Ini dia binatangnya...


1. Capung Jarum
Spoiler for capung jarum:



Beda sama capung biasa..bagian tubuh & ekor mereka lebih kecil,makanya disebut capung jarum...dulu gampang banget ditemuin,dihalaman rumah atau dilapangan..ga harus disawah...srkg udah ga pernah liat..





2. Undur undur
Spoiler for undur undur:





Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari famili Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). -wikipedia
Undur2 hidupnya ditanah yg kering dan agak berpasir,mereka bkin lubang di tanah tsb.waktu kecil suka nyari binatang ini bareng temen gw..nyarinya gampang,cuma pake sedotan,trus tiup deh sarangnya..lama2 kliatan tuh undur2nya..seneng,,
skrg undur lagi trend buat obat...makin banyak diburu,,makin jarang aja deh..



3. kunang-kunang
Spoiler for kunang-kunang:



Inilah binatang yg paling ajaib menurut gw,karena sampe skrg gw suka banget sama kunang2..biasanya mereka hidup di sawah2/lapangan...keluarnya abis magrib...klo kata orang2 tua dulu,kunang2 adalah kuku orang yg udah meninggal (ternyata iini cuma trik buat nakutin anaknya yg ga mau pulang main karena udah sore)..skrg lapangan & sawah aja udah jaraaang banget..



4. kepik emas
Spoiler for kepik emas:



Binatang paling lucu..sering banget ditangkepin,,lucuu..tapi abis itu dilepas lagi...


5. balang sangit
Spoiler for balang sangit:



klo lagi maen disawah paling males nih klo kena kencing balang sangit...baunya khas banget,..makanya disebut balang sangit,karena baunya ga sedap yg berasal dari kencingnya...bau tapi kangennn...


6. tokek
Spoiler for tokek:



Klo dulu gw paling takut sama tokek..suaranya klo malem2 bkin merinding..biasanya mereka hinggap di pohon/atap rumah...udah 10thn lebih gw ga denger suara tokek..



7. cekiber UPDATE
Spoiler for cekiber:



Nama yang cukup aneh untuk seekor binatang...gw rasa dia sebenernya ga nerima nama tsb..
hidupnya di pohon,bentuknya kaya bunglon tapi lebih kecil dan ceper..rada unik karena dia bisa lompat trus kaya kluarin sayap (padahal bukan sayap,kaya selaput dibagian ketiaknya)


8. kupu kupu gajah
Spoiler for kupu kupu gajah:



Gerombolan temen2 gw paling heboh kalo liat kupu2 ini...langsug triak2 ngasih tau yg lain..
karena bentuk kupu2 ini emang bener2 gede dari yg biasanya...



9. the legendary Kumbang LEGE UPDATE
Spoiler for kumbang lege:



knapa gw bilang legendary....susah bener nyari potonya nyaris mikir klo nih kumbang jangan2 blom terdaptar di daftar serangga heheheheheh......Kumbang ni biasanya ada di pohon kelapa, biasanya dulu waktu kecil suka di iket sungut nya ato kaki nya ma bocah2 trus diterbang2in.....lumayan sakit klo di gigit ato di templokin soalnya kaki2 nya ada kaya duri2 gitu

oh iya sebagai tambahan: nama ini juga cukup tenar dipake buat nama samaran ato nama panggilan heheheh gw punya 2 temen yang nama panggilannya LEGE



10. ikan gapi
Spoiler for ikan gapi:



Pada jaman dahulu kala,disaat air selokan masih jernih,halaah selokan dulu masih bening2 bgt,jadi ikan2 gapi keliatan,ga sungkan2 buat turun,copot sendal dan ngubek2 airnya buat nangkepin ikan gapi..


11. tonggeret
Spoiler for tonggeret:



binatang paling nyaring bunyinya...dijakarta jarang bgt gw dengeri sih..biasanya di hutan2 kecil gitu,,bunyinya bener2 bkin tenang (klo dari jauh )..kalo terlalu deket bkin susah tidur..soalnya kenceng banget




12. semut bakot
Spoiler for semut bakot:



siapa yg ga tau semut ini!!? bohong bgt..dulu klo lagi keabisan mainan,pasti langsung pada mancing semut bakot,caranya gampang,cuma pake karet gelang/rumput,masukin ke lobangnya,trus di jepit sama dia...klo udah dpt diadu,biar tambah galak sungutnya di putusin...jahat bgt ya


13. musang/luwak
Spoiler for musang/luwak:



Musang punya bau yg khas,klo ada bau pandan brati ada dia..Paling sebel sama binatang ini..soalnya paling suka ngembat ayam gw,dulu dia hiudp di pohon2,kebetulan rumah gw belakangnya kebon (dulu)..



Partisipasi Kaskuser Lain
Spoiler for :


Quote:
Originally Posted by Insurgent_Army View Post
gan yang ini

waktu jadi ulet namanya Gendon/Elephant Hawk Moth ya???
ukurannya kalo gak salah segede ibu jari orang dewasa


Quote:
Originally Posted by smileonline View Post
ni gan foto cekiber
setahu ane namanya klarap
masukin di trit ya gan thx..
Quote:
Originally Posted by mas_kuR View Post
kayanya gw tau deh nih cekiber..dia yg modelnya mirip bunglon tp kemampuan berubah warnanya ga se oke bunglon kan? dia warnanya cenderung coklat gitu..

iya gan hewan2 itu jaman gw SD di daerah Priok masih suka liat..jangankan foto2 yg diatas tawon yg ukurannya segede alaihim gambreng warna item strip kuning aja sekarang gw ga pernah liat lagi..parraaahhh niiihhhh..jadi ga seru dah..kalo kepik emas ane nyebutnya mas-masan pas kecil..hehehe



oiya gambar tawon yang ane maksud kaya gini, tp warna stripnya ga biru..tp kuning gonjreng..dulu banyak bgt di halaman depan rumah..sekarang NIHIL


Quote:
Originally Posted by outfit69 View Post


cekiber kayak gini ya gan?

Quote:
Originally Posted by onesixtimes View Post
[b][color="RoyalBlue"][font="Comic Sans MS"]bajing/ tupai juga gan.
dulu pohon2 di lingkungan tempat tinggal gue (bogor) sering jadi tempat kongkow2 bajing
sekarang ngga tau deh pada dimana tongkrongannya


ada juga kumbang badak
tapi ga berani megang


satu lagi yang paling gue suka... congcorang!!!
atau disebut juga belalang sembah. udah jarang keliatan eksistensinya lagi
apa karena popularitas ksatria baja hitam udah memudar?


kangen banget dengan masa2 kecil dulu. karena gue yang masa kecilnya ada di era 90an awal masih sempat merasakan interaksi yang akrab & indah dengan alam sekitar dibandingkan dengan anak2 sekarang.
Quote:
Originally Posted by embik View Post
Klo yang ini Gan..??




cicada=jangkrik=gareng..

paling berisik di musim kemarau..

Quote:
Originally Posted by uusDK View Post
di t4 ane msh ada gan, kecuali yg n0 7 ma 8 sudah susah dijumpai..di t4 ane kupu2 gajah disebutnya kupu2 si rama2..
ane tambahin gan, serangga yg sudah susah untuk dijumpai..pic nya




namanya tonggeret, entah apa nama sebutannya di bahasa lain..serangga ini mengeluarkan bunyi2an yg nyaring, biasanya pertanda musim kemarau akan tiba...kangen gan denger suaranya..msh inget waktu msh kecil suka nyari serangga ini cuma untuk bisa ngedengerin suaranya aja abis itu dilepas lg..
makasih gan, tritnya bagus..





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3113802

0 comments:

Posting Komentar