Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

Manipulasi Pencahayaan gajah raksasa "Photoshop"

Dalam Tutorial ini  akan di bahasa cara pembuatan/pencahayaan terhadap gajah raksasa.



1. Ambil Gambar Kota


2. Ambil gambar gajah dan  Sisipkan gambar gajah kedalam gambar kota


Cara mudahnya gunakan Move Tool , klik pada gambar gajah dan lakukan Drag (Klik Kiri sambil menggeser/menarik gambar gajah ) ke gambar kota
 


 

3. Lakukan penyeleksian pada gambar gajah, saran saya gunakan Polygonal Lasso Tool, ikuti sesuai bentuk gajah, sebelum melakukan penghapusan tekan CTRl+I (Inverse) , fungsinya untuk membalikan area penghapusan, karena yang akan di hapus adalah latar nya, sebelum menekan delete tekan CTRL+ALT+D, naikan radiusnya menjadi 2, fungsi ini untuk menghaluskan daerah yang akan di potong, memperkecil kesalahan pemotongan menjadi kotak.


4. Buatlah duplikat gambar gajah, karena kita akan membuat efek pencahayaan
 
pada gambar gajah tekan CTRL+J (untuk melakukan duplikat) berinama masing masing layernya yang atas "shadow" dan yang bawah "highlight", dalam penamaan layer bisa menyesuaikan sendiri..

5. buatlah efek cahaya pada layar gajah "highlight", sebelumnya sembunyikan dulu layar "shadow" caranya klik gambar mata pada layar shadow, setelah itu pilih gajah "highlight", atur pencahayaannya dengan cara mengatur adjustments.
Image - Adjustments - brighness/contrast  
atur Brightness : +30
       Contrast : +3
Setelah itu atur warna dari gajah nya
Image - Adjustments - Color Balance
Color Balance: Red: +10
Color Balance: Yellow : -50

hasilnya seperti ini

 

6. Setelah mendapatkan cahaya untuk gajahsekarang kita membuat bayangan untuk gajah, silahkan pilih laya gajah "shadow" sebelumnya layar gajah "highlight" sembunyikan dahulu.
atur pencahayaannya sebagai berikut.
Image - Adjustments - brighness/contrast 
Brightness : -80
Contrast : -50
Image - Adjustments - Hue/saturation
Saturation : -80
Hue : +165

 

7. layer gajah "Shadow" tambah kan mask , caranya Layer - Layer Mask - Reveal All atau bisa juga menggunakan fasilitas cepat dengan memilih Add Vectro Mask.

 

Hapuslah secara perlahan menggunakan Erase Tool , sebelum menghapus turunkan Opacity Erase Tool menjadi 50 % atau sesuai kebutuhan.

 

8. Pada tahap akhir adalah membuat bayangan gajah tersebut, untuk membuat bayangan yang sempurna, duplikatkan lah layer gajah "shadow" ganti Normal mode menjadi Multiply Mode, setelah itu putarlah layer duplikat Gajah "shadow" dengan cara Edit - Transform - Flip Vertical, untuk mendapatkan efek sempurna lakukan proses gausian blur , dengan cara Filter - Blur - Gausian Blur , atur radiusnya sesuai kebutuhan

0 comments:

Posting Komentar