1. Isi Bensin hanya di pagi hari,
saat suhu permukaan tanah
masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di
bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai !!!
Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. Saat Mengisi Bensin, ingatkan petugas supaya seting noselnya jangan Fast Mode
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.
Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.
Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.
3. Isi Bensin Saat Tangki Masih Berisi Setengah (Half Full)
Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi
bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap
jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya
atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi
sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.
4. Jangan Mengisi Bensin di SPBU yg sedang melakukan Pengisian storage tank (ada truk tanki)
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.
saat suhu permukaan tanah
masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di
bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai !!!
Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. Saat Mengisi Bensin, ingatkan petugas supaya seting noselnya jangan Fast Mode
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.
Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.
Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.
3. Isi Bensin Saat Tangki Masih Berisi Setengah (Half Full)
Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi
bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap
jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya
atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi
sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.
4. Jangan Mengisi Bensin di SPBU yg sedang melakukan Pengisian storage tank (ada truk tanki)
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.
0 comments:
Posting Komentar