Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY




Cari Misteri

Sejarah [?] Asal Mula Combro!!

by: kafast

Pada proses pembuatan combro, utamanya terdiri dari tiga prinsip dasar pembentukan material, yang mana yang pertama adalah pembentukan sasis, atau rangka luar.. Atau bisa disebut juga kesing.. Sasis ini terbuat dari singkong.. Kemudian kedua, adalah proses yang dinamakan oncom measuring, atau pengukuran kadar oncom, agar kadarnya tidak lebih dari 30 % dari keseluruhan bentuk fisik dari si combro tersebut.. Dan yang terakhir adalah oncom injection, atau proses penginjeksian oncom ke dalam sasis..

Di Indonesia, tercatat hanya ada satu perusahaan combro yang sanggup memproduksi combro dengan kualitas SNI, yaitu BUMN yang bernama PT. Combro Indonesia Tbk. Yang mana perusahaan ini menjadi pengekspor combro terbesar di Indonesia.



Menilik ke belakang, dimana pada tahun 2006, PT. Combro Indonesia Tbk. ini nyaris diakuisisi oleh sebuah perusahaan pesawat terbang asal Amerika, yaitu Boeing (PT. Boeing Jaya Makmur Inc.), yang mana pihak Boeing sangat tertarik untuk membeli 78.2 % saham kepemilikan PT. Combro Indonesia Tbk. Dengan tujuan, di masa yang akan datang, Boeing akan memproduksi pesawat komersil berbentuk combro.

Bisa dibayangkan ya.. pesawat terbang bentuknya bentuk combro..?! :S



Oh My God!!
Akan tetapi proses akuisisi ini gagal, karena pada saat yang bersamaan, sebuah perusahaan perangkat keras yang juga berasal dari Amerika, yaitu Apple (PT. Apple Berdikari), yang terkenal dengan produknya seperti Macbook, iPhone, iPad, iPod, Momogi dan juga Choki-choki, berencana untuk membajak rencana pengambil alihan PT. Combro Indonesia Tbk. oleh PT. Boeing Jaya Makmur Inc., dengan tujuan agar pihak Apple bisa memproduksi laptop berbentuk combro.

Lagi-lagi proses akuisisi yang akan dilakukan oleh Apple ini juga harus gagal di tengah jalan, mengingat harga saham PT. Combro Indonesia Tbk. yang dilempar ke pasaran saat itu lebih mahal dari harga saham yang dilempar ke jurang. Harga saham yang ditawarkan oleh Combro Indonesia pada saat akan diakuisisi oleh baik Boeing maupun Apple, berkisar sekitar Rp. 985,- per ons, mengingat sahamnya dijual kiloan bukan lembaran.. pialangnya namanya PSK (Penjual Saham Kiloan).

Akhirnya, setelah dua perusahaan raksasa asal negeri Pak’le Sam tersebut gagal mengambil alih hak kepemilikan PT. Combro Indonesia Tbk, sebuah perusahaan lokal yang sukses memproduksi kopi moka dan juga sparepart mesin rocket, yaitu PT. Kopi Jaya Mobilindo, berhasil melobi direktur utama PT. Combro Indonesia, John Chandra (yang merupakan kakak kandung dari John Pantau dan paman dari John Cenna), agar bersedia untuk melepas sepatunya berikut kepemilikan perusahaannya.

Alhasil, PT. Combro Indonesia Tbk. Kini berada di bawah naungan PT. Kopi Jaya Mobilindo..

Dalam perjalanannya ini, PT. Kopi Jaya Mobilindo kemudian melakukan joni venture atau bekerjasama.. joni venture (bukan join venture).. dengan sebuah perusahaan minuman terkemuka di tanah air, yaitu PT. Mimi Cucu Indonesia Tbk. yang saat itu tengah merilis produk susu yang dikhususkan untuk bapak-bapak yang berada dalam masa disusui.

Oleh karenanya, hingga kini, PT. Combro Indonesia Tbk., PT. Kopi Jaya Mobilindo Tbk., dan PT. Mimi Cucu Indonesia Tbk. bersahabat baik.. dan walaupun mereka jauh, akan tetapi mereka sering wall-wall’an di Fb dan juga kerap saling nge’twit.

Naahh.. sekian review tentang sejarah PT. Combro Indonesia Tbk. Yang mana prusahaan ini telah sukses memproduksi combro-combro berstandar nasional Indonesia (dan juga standar dunia)..

0 comments:

Posting Komentar