Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY




Cari Misteri

Fuel Cell untuk Daya Notebook 14 Jam

Fuel Cell untuk Daya Notebook 14 Jam

JAKARTA, JUMAT – Batere adalah sesuatu yang sangat vital di notebook. Tanpa batere, notebook tidaklah berdaya (kecuali bila tercolok jala-jala listrik). Karena itu kabar ini pasti menyenangkan para pengguna notebook yang selalu mobile, khususnya kalangan militer.
UltraCell, sebuah perusahaan di California, AS, baru saja memperkenalkan sebuah sistem mobile fuel-cell 25 watt yang dirancang khusus untuk memasok daya bagi notebook tahan banting (ruggedized). Dengan menggunakan cartridge berkapasitas 250cc, XX25 cell itu mampu mendayai notebook sampai 14 jam.
Selain tahan lama, bobot ‘batere’ ini sekitar 65% lebih ringan dibandingkan batere Li-Ion biasa. Soalnya hidrogen fuel-cell ready pada XX25 ini dibuat dari larutan metanol dengan konsentrasi tinggi.
Untuk menghasilkan daya listrik dengan hasil sampingan uap air, fuel cell menggunakan oksigen dan hidrogen. Daya listrik akan terus dihasilkan sampai sumber bahan bakarnya habis.
Konversi dari bahan bakar menjadi energi di sini berlangsung melalui proses elektrokimia, bukan proses pembakaran metanol. Karenanya fuel cell tergolong ramah lingkungan dan juga tidak sebising generator yang didayai oleh bensin.
Sayangnya, penggunaan fuel cell metanol ini terbatas pada kalangan militer yang menggunakan notebook berdesain khusus tahan banting. Jadi kaum sipil belum akan menikmatinya

0 comments:

Posting Komentar