Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY

Cari Misteri

Satria Baja Hitam

Tetsuo Kurata
Ada yang tau ini foto siapa? Ga ingat? Ayo donk, coba diinget-inget dulu, masa lupa sih :). Kalau jawaban Anda adalah Tetsuo Kurata, maka jawaban Anda benar. Lalu siapakah dia? Let me refresh your memory…
Kotaro Minami 

Bagi kamu yang merasa anak kecil di era tahun 90-an, pasti masih teringat dengan jelas dalam ingatan tentang serial yang satu ini. Ya, Ksatria Baja Hitam. Film serial animasi anak-anak ini mulai ditayangkan di Indonesia dan langsung disukai anak-anak ketika itu. Cerita yang diprakarsai oleh Shotaro Ishinomori dan Toei ini memiliki 51 episode dan tayang di televisi Jepang pada tanggal 4 Oktober 1987  sampai 9 Oktober 1988.
Sebenarnya, serial Ksatria Baja Hitam ini sudah lama eksis di Jepang. Diproduksi oleh Toru Hirayama pada tahun 1969 dengan nama lain dan setelah melalui proses penyesuaian karakter yang cukup lama, Shotaro Ishinomori yang menginginkan kerja sama dengannya berhasil membuat gagasan atas pembaruan materi dalam kisah pahlawan berjubah ini menjadi sesuatu yang lebih baru. Ksatria Baja Hitam pun dirilis di Indonesia pada tahun 1993 dan respon yang diterima ternyata sangat luar biasa! Nama aslinya adalah Kamen Rider Black, namun entah kenapa ketika masuk ke Indonesia namanya berubah menjadi Ksatria Baja Hitam. Setiap sore, anak-anak pasti menunggu acara kesayangannya ini dan sudah bersiap-siap dengan antusiasnya di depan televisi.
Sekadar untuk menyegarkan kembali ingatanmu yang mungkin dulu pernah ngefans dengan pahlawan super yang satu ini, jagoan yang akan kita bahas  sebelum dia berubah menjadi sosok yang ditunggu-tunggu kehadirannya ini bernama Kotaro Minami. Berikut cerita singkatnya.
Kisah Ksatria Baja Hitam dimulai saat Gorgom datang ke Bumi dan ingin menjadi penguasa. Komplotannya menculik Kotaro Minami dan Akizuki Nobuhiko untuk dijadikan proyek dalam rencananya. Namun Kotaro berhasil kabur dari markas Gorgom sebelum ia sepenuhnya menjadi milik Gorgom namun tidak dengan Nobuhiko, ia masih tak sadarkan diri di sana. Dari situlah, Kotaro Minami memiliki kekuatan super dan berjanji akan membela umat manusia dan menumpas segala kejahatan yang dilakukan oleh Gorgom serta komplotannya dengan segenap kekuatannya itu.

Kotaro Minami
Pemeran yang menjadi jagoan utama di serial ini memiliki nama asli Tetsuo Kurata. Ia lahir pada tanggal 11 September tahun 1969. Pada awalnya, ia mengikuti audisi yang digelar oleh pihak Shotaro Ishinomori pada tahun 1987 untuk menjadi pemeran utama di serial ini. Dia pun mengalahkan ribuan kontestan yang mendaftar pada saat itu. Selain berakting, ia juga bisa menyanyi dengan baik. Tetsuo lah yang mengisi soundtrack lagu Ksatria Baja Hitam.
Dalam cerita Ksatria Baja Hitam sendiri, Kotaro Minami memiliki kekuatan Batu Raja Matahari yang diberikan dan kemudian disalahartikan oleh Gorgom, perutnya ditanamkan Batu Raja Matahari dan dari situlah kekuatan untuk berubah wujud berasal. Jurus terkenal yang sering dipakainya untuk melawan musuh-musuhnya adalah Pukulan Matahari dan Tendangan Matahari. Dengan kekuatan melebihi manusia biasa, Kotaro Minami akan berusaha mati-matian untuk menumpas seluruh kejahatan yang ada di muka Bumi.

Ksatria Baja Hitam dengan kendaraannya, Belalang Tempur

Setelah melewati sekian banyak episode, Ksatria Baja Hitam mengakhiri karirnya sebagai penumpas kejahatan kala bersua dengan Shadow Moon atau Nobuhiko yang telah dicuci otak oleh Gorgom dan memiliki kekuatan yang sama seperti Kotaro Minami. Di sinilah era Ksatria Baja Hitam berakhir, namun anak-anak di Indonesia tidak ada yang khawatir karena penggantinya telah dipersiapkan, Ksatria Baja Hitam RX. Sequel lanjutan dari Ksatria Baja Hitam ini memiliki kekuatan yang lebih hebat. Kotaro Minami masih menjadi pemeran utama dalam kisah kepahlawanan ini.

Ksatria Baja Hitam RX
Ksatria Baja Hitam RX memiliki musuh baru yaitu Jendral Jack yang memiliki niat jahat tidak jauh beda dengan Gorgom, menguasai Bumi. Jurus pamungkasnya adalah tendangan maut, dan bila situasi sudah sangat terdesak, maka ia akan mengeluarkan senjatanya yaitu pedang matahari. Ksatria Baja Hitam RX juga memiliki kekuatan lain yaitu bisa berubah wujud  menjadi RX Robo dan RX Bio. Dengan segala kelebihannya itu, Ksatria Baja Hitam RX dibuatkan versi lainnya oleh Saban Entertainment, Amerika Serikat, dengan judul Masked Rider. Ksatria Baja Hitam RX terbukti mampu memikat lebih banyak hati anak-anak di seluruh dunia pada saat itu.

Karakter Ksatria Baja Hitam (Black, RX Bio, RX Robo, RX)
Saat ini, mungkin sangat sedikit acara anak-anak di Indonesia yang bisa memicu fantasi anak-anak. Memang sangat disayangkan, tidak ada banyak serial anak-anak di zaman sekarang yang bisa mempengaruhi secara imajinatif seperti film serial ini. Mungkin ada begitu banyak dari kita yang merindukan serial Ksatria Baja Hitam ini lagi, mungkin banyak juga yang ingin kembali ke masa kecilnya setelah bernostalgia dengan tulisan ini, tapi ada berapa banyak diantara kamu yang ingin berperan sama seperti Ksatria Baja Hitam di era sekarang? Bukan dengan kekuatan super dan jubah keren yang dimiliki oleh cerita ini, namun dengan keyakinan, semangat dan tindakan besar untuk mengubah banyak hal yang menurutmu salah dengan kekuatan yang dimiliki oleh dirimu sendiri. Anyway, sekali lagi, selamat bernostalgia!




jj

1 comments:

Anonim mengatakan...

BAJA HITAM PERTAMA,, HINGGA BISA BERUBAH DENGAN KEKUATAN MENJADI BAJA HITAM RX,, LALU KALO MUSUHNYA KUAT DIA BERUBAH JADI BAJA HITAM ROBO,, KALO MUSUHNYA LEBIH KUAT LAGI... BERUBAHLAH DIA JADI SI SUPER BAJA HITAM BIO... !!

HEHEHEEEEEE..... TAK ADA EPISODE YG TERTINGGAL DIKALA ITU BUAT SAYA,,,

-TONI-

Posting Komentar