Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY




Cari Misteri

Cara Mengusir Hantu Ala Orang Turki

undefined
Ternyata tidak hanya di Indonesia. di Turki pun suasa mistis di masyarakat juga sangat kental. yang menarik mereka punya cara unik mengusir hantu. Di Turki, ke mana pun memandang, Anda akan menjumpai banyak mata menatap. Bukan mata manusia, namun, hiasan berbentuk mata berwarna biru. Namanya, ‘blue eyes’ atau Nazar Boncugu.
Benda tersebut diyakini sebagai jimat, untuk melindungi pemakainya. “Ini untuk mengusir roh jahat,” ujar Dewat, salah seorang penjual saat menawarkan ‘blue eyes’ kepada wartawan VIVAnews dan rombongan wisatawan asal Indonesia di kawasan Taksim, Istanbul, Turki. Blue eyes yang ia tawarkan berupa gantungan kunci.


‘Blue eyes’ juga dijual dalam bentuk magnet kulkas, kalung, cincin, gelang, bahkan hiasan dinding. “Jadi kalau ini dipasang, maka kekuatan jahat akan pergi,” ujarnya. “Juga bisa ditaruh di dalam mobil agar mobil kita terhindar dari kecelakaan.”
Menurutnya, warna-warna yang terdapat dalam jimat itu memiliki arti tersendiri. “Biru tua untuk mengusir hal jahat dan warna putih untuk membawa keberuntungan bagi kita semua,” ujarnya.
‘Blue eyes’ ini memikat sejumlah wisatawan. Selain bentuknya yang ‘aneh’ juga warnanya yang menarik. Selain itu harga yang ditawarkan cukup murah, berkisar antara 2 lira untuk gantungan kunci hingga 50 lira untuk bandul kalung.
Dari pantauan, memang Blue Eyes ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Turki. ‘Blue Eyes’ banyak terlihat digantung di kaca spion mobil hingga pintu masuk rumah warga. Bahkan jadi alternatif suvenir bagi para turis.
Entah benar atau tidak benda tersebut dapat mengusir roh jahat. Itulah kepercayaan orang Turki.

0 comments:

Posting Komentar