Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY




Cari Misteri

Apakah Kita Peka Terhadap Perubahan ???

By : Positron 72




Manusia memang memiliki kemampuan yang luar biasa. Bahkan, saking luar biasanya kita sendiri  sering kali tidak menyadarinya. Tapi, apakah kalian tahu bahwa sebenarnya manusia itu tidak peka terhadap setiap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Untuk mengetahui sebuah perubahan, manusia selalu membandingkan suatu keadaan dengan keadaan sebelumnya. Baru mereka menyadari akan sebuah perubahan. 
Selain membandingkan, manusia memiliki metode lain untuk mengetahui sebuah perubahan. Yaitu dengan bantuan sesuatu yang kita sebut “mesin”. Secara singkatnya mesin adalah  suatu alat yang digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia. Bahkan, kita bisa menggunakan mesin untuk  setiap kegiatan kita. Misalnya untuk hal yang sederhana seperti memakai dasi, mengancingkan kemeja, atau bahkan hanya untuk menarik resleting celana kita. Tentu, kita tidak separah dan semalas itu bukan.
Sampai pada perkerjaan untuk hal yang sedikit rumit seperti mengukur jarak antara galaxy,dsb.


Tapi apakah kalian tahu, bahwa semua hal di atas tetap tidak bisa menutupi kekurangan manusia yang tidak peka. Misalkan ada sebuah kasus. Dalam sekejap alam semesta berserta isinya bertambah besar ribuan atau jutaan kali lipat. Dan ketika kejadian tersebut berlangsung, kita sedang dalam keadaan tertidur pulas, kemudian anggap peristiwa pembesaran alam semesta itu terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Ketika kita terbangun, apakah kita menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh atau berubah ? mungkin jawabannya tidak. Karena kita tidak memiliki sebuah indikator untuk menentukan perubahan yang terjadi.
 Kita dapat mengetahui perubahan yang terjadi pada kita ataupun lingkungan kita yaitu dengan cara membandingkan. Contohnya adalah ketika kita ingin mengetahui pertumbuhan, kita menggunakan alat pengukur atau dengan membandingkan tinggi kita dengan suatu objek. Maka kita akan segera mengetahui perubahan yang terjadi.
Bahkan, sebagian kecil orang ada yang tidak bisa membaca ekspresi seseorang dan tidak peka terhadap perubahan sosial lingkungannya. Memang hanya sebagian kecil saja, dan pada umumnya hal seperti itu disebabkan oleh sindrom.
Akan tetapi, kekurangan itu sebenarnya tertutupi oleh kemampuan otak dan akal manusia yang luar biasa. Bahkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menunjukkan bahwa manusia itu luar biasa.  Jadi, maksimalkan potensi otak kita yang luar biasa ini.

Sumber : sainsmystery.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar