Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BUn2TQsY




Cari Misteri

TIPS > Menulis Skenario Sinetron, Cuy!

Sebenarnya ini adalah sekuel dari penelitian (halah, kek mau praktek kimia) yang dilakukan teman-teman blogger. Masih membicarakan tentang dunia perfilman tanah air yang katanya sedang bangkit dan mulai marak. Namun kali ini kita akan lebih fokus pada masalah sinetron bukan layar lebar.
Sinetron sebenarnya memberikan warna terhadap dunia pertelevisian Indonesia . Kita bisa melihat bintang-bintang muda yang penuh bakat (dari yang alay sampai yang lebay) beraksi mempertontonkan kelebihannya.
Ingin tahu cara menulis skenario sinetron yang rutin ditonton oleh para abg, tante, om, nenek-nenek, kakek-kakek (hmm yahh pokoknya oleh orang-orang yang kena penyakit ambeyen gitu deh, yang tidak ada kerjaan selain duduk dan duduk).

Yang nonton: "OMG! Manokharanya idiot banget sih!! Argh! Kesel"

Berikut tipsnya:

  • Buat tokoh perempuan yang cantik dan miskin. Biasanya judul sinetronnya adalah nama si perempuan ini. Trailernya si perempuan sedang menangis di bawah siraman hujan. Atau hampir keserempet mobil, lalu kaca jendela diturunkan, di dalamnya ada lelaki melotot.
  • Buat tokoh lelaki yang kaya dan tampan. Pakai jas dan dasi walaupun nggak jelas apa kerjanya. Pokoknya bos gitu deh, dengan bapak yang juga berjas dan berdasi. Atau ibu yang cantik dengan rambut mekar.
  • Tokoh lelaki sudah bertunangan dengan perempuan jahat lalu ketemu si miskin dan cantik. Atau buat ada perempuan lain yang naksir berat pada si lelaki. Perempuan cantik tapi jahat. Tiruin drama korea deh kalo bingung! Hihihi.
  • Tokoh lelaki kemudian jatuh cinta sama si perempuan cantik dan miskin. Walaupun kadang-kadang kita nggak habis pikir bagaimana lelaki berjas dan berdasi yang katanya bos lulusan sekolah luar negeri itu jatuh cinta sama tukang cuci, pembantu, office girl, atau anak yatim dengan ibu sakit yang sekarat sementara kerjanya perempuan cantik dan miskin itu hanya berdoa tanpa pernah bekerja.
  • Buat si perempuan jahat itu menghalangi hubungan si tokoh lelaki tampan dan kaya dan tokoh perempuan cantik dan miskin. Pakai mulut monyong-monyong. Halalkan segala cara, tapi sejauh ini cara fitnah adalah yang paling efektif.
  • Setelah beberapa episode, ketauan bahwa si perempuan yang miskin dan cantik adalah anak haram dari pengusaha kaya. Pengusaha kaya ini bisa jadi bapaknya si perempuan kaya nan jahat yang naksir/tunangan pada lelaki yang jatuh cinta pada perempuan miskin dan cantik itu.
  • Intinya, perempuan miskin harus dibuat jadi orang baik. Sementara perempuan kaya dan cantik dan punya segalanya itu harus dibuat jahat. Yeah, right! Hahaha, nanti saya kenalin sama perempuan-perempuan miskin yang jahat dan perempuan-perempuan kaya yang baik hati.
  • Kalau iseng, boleh tambahkan tokoh bule yang nguomongnyuah seperci inich, yang engguak mauh bececk kalou ngguak adha ojeck. Hahaha... Please no absurd in sinetron, karena sejauh ini sinetron yang menayangkan hal-hal absurd seperti misalnya, gajah yang punya sayap, ikan terbang, dll.. dl... biasanya punya rating jeblok atau nggak lama kemudian habis masa tayangnya.
  • Bungkus dengan lagu tema dengan lagu dari band indo yang lagunya mendayu menyayat hati tentang kisah cinta tak sampai atau semacamnya.
  • Tunggu sampai rating sinetron yang kita garap tersebut tinggi, tinggi dan tinggiiiii hingga sampai di urutan tertinggi!!!!!
Sekian dan terima gajih. Selamat mencoba!
Salam Entetaisemen Indonesiah!! (duh, maaf lidahku keselip)

0 comments:

Posting Komentar