Lebih dari setengah abad Belanda sudah meninggalkan Indonesia sebagai
negeri jajahan. Banyak cerita dan peninggalan yang diwariskan negara
itu pasca penjajahan di Jawa yang telah berusia 250 tahun. Salah
satunya, keberadaan keturunan 12 marga bekas budak yang dibebaskan
saudagar tanah Belanda, Cornelis Chastelein. Mereka bermukim di kawasan
Depok Lama, Bogor, Jawa Barat, dan kerap disebut Belanda Depok.
Suasana peringatan kemerdekaan Indonesia masih mewarnai Depok, Jawa
Barat, hingga akhir Agustus lalu. Kibaran bendera merah-putih masih
menghiasi rumah-rumah di sepanjang Jalan Pemuda, Depok Lama. Daerah ini
dikenal sebagai tempat bermukim komunitas Belanda Depok. Kawasan ini
berada di tengah-tengah kota Depok, di perbatasan antara kawasan
Perumnas Depok I dan II. Jejeran rumah tua dengan konstruksi bangunan
bergaya Belanda masih banyak ditemui di sekitar Jalan Pemuda.
Bendera merah-putih tak hanya berkibar di pemukiman warga, tetapi
juga di gedung Sekolah Dasar Pancoran Mas dan SD Depok 2. Gedung
sekolah ini dulunya adalah sekolah penginjilan dan sekolah anak-anak
Belanda, sebelum dibubarkan pada tahun 1942.
Dijuluki si Belanda Keling atau Bule Depok
Laela Leander adalah salah satu keturunan Belanda yang tinggal di Depok. Namanya memang bermarga Belanda, tapi wajah Laela lebih tampak keturunan Ambon, kulit hitam dan rambut keriting. Laela adalah generasi ke tujuh marga Leander yang tinggal di Depok. Meski mengaku jarang berbaur dengan warga di luar komunitasnya, Laela mengaku jiwanya tetap merah-putih. “Sangat penting buat saya. Arti kemerdekaan buat kita juga. Istilahnya orang Depok yang sudah berbaur tambah bersatu lagi. Tak ada perbedaan dan harus terus dijaga,” tambahnya.
Laela Leander adalah salah satu keturunan Belanda yang tinggal di Depok. Namanya memang bermarga Belanda, tapi wajah Laela lebih tampak keturunan Ambon, kulit hitam dan rambut keriting. Laela adalah generasi ke tujuh marga Leander yang tinggal di Depok. Meski mengaku jarang berbaur dengan warga di luar komunitasnya, Laela mengaku jiwanya tetap merah-putih. “Sangat penting buat saya. Arti kemerdekaan buat kita juga. Istilahnya orang Depok yang sudah berbaur tambah bersatu lagi. Tak ada perbedaan dan harus terus dijaga,” tambahnya.
Semangat merayakan kemerdekaan terasa sampai pelosok gang. Berbagai
lomba menjadi kegiatan rutin komunitas Belanda Depok tiap perayaan
17-an. Antonio Loen, yang sudah tinggal di sini sejak 60 tahun lalu,
adalah salah seorang sesepuh Belanda Depok. “Macam-macam kegiatan olah raga. Catur, badminton, tarik tambang sampai panjat pinang. Kita selalu ikut,” ujarnya.
Meski sudah bertahun-tahun tinggal di Depok, sebutan Belanda Depok
ternyata meresahkan Sisca Bacas. Ia merasa sebutan itu membuatnya
diperlakukan berbeda dengan warga Indonesia lain. Padahal, lahir batin,
ia mengaku orang Indonesia. “Sama saja. Kami ikut merayakan seperti
warga negara Indonesia lainnya. Setelah proklamasi kemerdekaan, tak
ada lagi perlakuan istimewa. Saya pun termasuk angkatan sesudah
proklamasi dan tidak merasa generasi khusus,” ungkapnya.
Demi memelihara nasionalisme, Lembaga Cornelis Chastelein (LCC) yang
beranggotakan keturunan Belanda Depok, mewajibkan setiap sekolah di
kawasan komunitas ini untuk menggelar upacara bendera tiap 17 Agustus,
sama seperti sekolah lainnya. Ketua LCC, Valentino Jonathans,
menegaskan, tak ada alasan untuk tidak ikut merayakan kemerdekaan
bangsa ini. Ia menggarisbawahi komunitas Belanda Depok tetap orang
Indonesia, meski ada kata Belanda di sana. “Kami bukan antek Belanda,” sergahnya.
“Saya kira sama saja, kita bangsa Indonesia bukan bangsa di luar
Nusantara. Jadi tetap merayakan 17 Agutus tidak berbeda dengan yang
lain. Sampai saat ini, sekolah-sekolah di bawah yayasan juga mengadakan
perlombaan-perlombaan. Bahkan, 17 Agustus upacara di sini. Dibilang
Belanda Depok kita juga keberatan, karena kita asli orang-orang
Indonesia yang diambil Cornelis Chastelein dari daerah timur yang
dididik dan dibesarkan di sini,” imbuh Valentino Jonathans.
Kini, sebetulnya sudah tak ada lagi yang murni bisa disebut Belanda
Depok. J.J. Rizal, sejarawan Universitas Indonesia, berkisah, sebagian
besar mereka telah kawin campur dengan warga sekitar. “Sekarang
sudah tak ada lagi. Dulu, memang anak emasnya pemerintah kolonial.
Bahkan sempat punya presiden Depok dan turunannya masih ada sekarang.
Tahun 60-an berubah sama sekali. Banyak perkawinan campur dan tak ada
lagi orang Belanda asli di Indonesia, terutama di Bali dan Indonesia
bagian timur. Yang menarik adalah cara mereka berasimilasi dan
bermasyarakat melalui bintang sepak bolanya. Seperti Soedira itu bintang
sepak bola Depok,” terangnya.
Misionaris Protestan terkucil
Sebenarnya, bagaimana asal muasal Belanda Depok ini? Belanda Depok tak lepas dari sejarah penjajahan Belanda. Ketika VOC masih berkuasa di sekitar tahun 1696, Cornelis Chastelein membeli tanah seribuan hektar mencakup Depok yang kita kenal kini. Sebagai tuan tanah, Chastelein mempunyai 100-an pekerja. Mereka didatangkan dari Bali, Makassar, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Jawa, Pulau Rote serta Filipina. Ia juga menyebarluaskan agama Kristen kepada para budaknya, lewat sebuah Padepokan Kristiani. Padepokan ini bernama De Eerste Protestante Organisatie van Christenen¹ (Organisasi Kristen Protestan Pertama) atau disingkat Depok. Dari sini rupanya nama kota ini berasal.
Sebenarnya, bagaimana asal muasal Belanda Depok ini? Belanda Depok tak lepas dari sejarah penjajahan Belanda. Ketika VOC masih berkuasa di sekitar tahun 1696, Cornelis Chastelein membeli tanah seribuan hektar mencakup Depok yang kita kenal kini. Sebagai tuan tanah, Chastelein mempunyai 100-an pekerja. Mereka didatangkan dari Bali, Makassar, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Jawa, Pulau Rote serta Filipina. Ia juga menyebarluaskan agama Kristen kepada para budaknya, lewat sebuah Padepokan Kristiani. Padepokan ini bernama De Eerste Protestante Organisatie van Christenen¹ (Organisasi Kristen Protestan Pertama) atau disingkat Depok. Dari sini rupanya nama kota ini berasal.
Menjelang tutup usia di tahun 1714, Cornelis Chastelein menulis surat wasiat: “...Maka
hoetang jang laen jang disabelah timoer soengei Karoekoet sampai pada
soengei besar, anakkoe Anthony Chastelein tijada boleh ganggoe sebab
hoetan itoe misti tinggal akan goenanya boedak-boedak itoe mardaheka,
dan djoega mareka itoe dan toeroen-temoeroennja tijada sekali-sekali
boleh potong ataoe memberi izin akan potong kajoe dari hoetan itoe
boewat penggilingan teboe... dan mareka itoe tijada boleh bikin
soewatoe apa djoega jang boleh djadi meroesakkan hoetan itoe dan
kasoekaran boeat toeroen-temoeroennja,...”
Selain wasiat itu, Cornelis Chastelein juga mewariskan tanahnya
kepada seluruh budak yang telah mengabdi kepadanya sekaligus menghapus
status budak menjadi orang merdeka. Ada 12 marga² yang sempat menjadi
pekerja Cornelis Chastelein, yaitu marga Jonathans, Leander, Bacas,
Loen, Samuel, Jacob, Laurens, Joseph, Tholense, Isakh, Soedira dan
Sadokh. Kini, sudah tidak ada lagi marga Sadokh karena sudah punah.
Keturunan marga-marga inilah yang kerap disebut 'Belanda Depok'.
Ketua LCC, Valentino Jonathans mengatakan, setidaknya ada tujuh ribu
warga komunitas Belanda Depok yang terdaftar di LCC. Mereka tersebar di
berbagai daerah dan negara. “Pada awalnya memang ada 150 seperti
yang saya ceritakan. Sekarang peninggalannya sekitar 7000-an kepala
yang masih terdaftar di yayasan di Depok. Saya kira masih banyak juga
yang belum terdaftar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya dan
lain-lain. Juga banyak saudara-saudara kita yang tinggal di luar
negeri,” ungkap Jonathans.
Di antara mereka, sepertiganya adalah keturunan asli Belanda yang
menikah dengan orang Indonesia atau keluarga Belanda yang lebih senang
tinggal di Indonesia. Sebutan Belanda Depok sebetulnya hanya label
belaka bagi orang pribumi yang mendapatkan keistimewaan dari pemerintah
Belanda kala itu. Mereka menyandang 12 marga pekerja Cornelis
Chastelein.
Perlakuan khusus sulut kesenjangan sosial
Tapi, menurut sesepuh Belanda Depok, Antonio Loen, keistimewaan itu justru memicu kecemburuan warga lain. Mereka pun kerap dituding sebagai ‘antek’ sewaktu Belanda masih menduduki Indonesia. Bahkan, kebudayaan Belanda dan perayaan hari kelahiran Cornelis Chastelein ikut dilarang.
Tapi, menurut sesepuh Belanda Depok, Antonio Loen, keistimewaan itu justru memicu kecemburuan warga lain. Mereka pun kerap dituding sebagai ‘antek’ sewaktu Belanda masih menduduki Indonesia. Bahkan, kebudayaan Belanda dan perayaan hari kelahiran Cornelis Chastelein ikut dilarang.
“Sebenarnya, orang memberikan julukan Belanda Depok kepada kami
sebagai penduduk asli Depok. Perilaku mereka seperti orang Belanda
karena didikan Belanda. Sebelum pribumi mengenal bangku pendidikan,
kami sudah sekolah. Tak heran, sewaktu revolusi 1945 warga Depok banyak
yang tewas dibunuh pejuang karena dianggap antek Belanda. Mereka
berpuluh-puluh tahun hidup mendapat keistimewaan Belanda,” papar Antonio Loen.
Marga Belanda pemberian Chastelein rupanya bukan satu-satunya pemicu kecemburuan sosial. Jamruh, sesepuh masyarakat Betawi di Depok, menambahkan, ini juga karena mereka kurang berbaur dengan warga sekitar. “Mereka dan anak cucunya yang 12 itu sampai sekarang sehari-hari menggunakan Bahasa Belanda. Di sekolah yang dulunya diharuskan berbahasa Indonesia mereka tidak mau dan tetap memakai Bahasa Belanda. Adat istiadat mereka pun seperti orang Belanda. Menolak dipanggil bapak, maunya oom atau meneer, yang perempuan tante,” jelasnya.
Kecemburuan ini memuncak di tahun 1950-an. Ratusan rumah orang
Belanda Depok, yang kini menjadi Stasiun Depok Lama, habis dibakar
warga sekitar. Penyebabnya, menurut Jamruh, karena mereka tak mengakui
bendera merah-putih sebagai lambang negara. “Disuruh pasang bendera
merah putih tidak mau. Menjawab salam merdeka juga menolak.
Kemungkinan, ada dendam lama orang-orang yang berada di sekitar mereka.
Mungkin, merasa tertekan oleh tuan tanah. Banyak masalahnya,” tambahnya.
Kini, komunitas Belanda Depok dan warga sekitar hidup damai. Jamruh
bahkan kagum dengan kebiasaan dan komitmen komunitas ini dalam menjaga
lingkungan. “Kalau yang namanya hukum, mereka tidak akan tawar-tawar
lagi karena ada undang-undangnya. Tapi, kalau diajak musyawarah agak
susah, karena mereka dasarnya hukum saja. Contohnya, diajak ronda tak
bakal mau karena ada polisi. Begitu pula kebersihan, itu bukan tugas
warga melainkan Dinas Pekerjaan Umum. Tapi kalau bayar Pajak Bumi dan
Bangunan mereka duluan,” pungkasnya.
0 comments:
Posting Komentar