1.Penunjuk kecepatan(speedometer). Panel kecepatan motor di Indonesia rata-rata masih menggunakan jarum. Latar dibelakang jarum berbeda sesuai dengan kecepatan. Kebanyakan pada posisi 80km/jam ke atas berwarna merah. Itu tandanya kudu hati-hati.
Spoiler for speedometer modern:
Spoiler for speedometer jadul:
2.Rem. Rem motor jadul masih menggunakan rem tromol. Sekarang sudah diganti dengan rem Cakram hydraulic, walaupun masih ada motor yang pake tromol. Pake rem Cakram Hydraulis reflek pengendara lebih cepat bereaksi. Bahan yang digunakan sekarang sudah pakai non asbestos, karena asbestos bersifat tidak ramah lingkungan dan kalo kena air akan mengeras.
Spoiler for Rem Modern:
Spoiler for Rem Jadul:
3.Fitur Pengaman. Motor sekarang sudah dilengkapi fitur pengaman seperti switch standar(saklar yang dipasang di standar). Nah, cara kerjanya adalah memutus arus listrik ketika standar motor belum dinaikkan. Ini penting buat yang suka lupa. Ada juga rem pengaman, nah kalo ini biasa di pasang di skubek(motor matic). Supaya motor g lari.
Spoiler for pengaman dari pencurian:
4.Desain dan handling. Desain motor sekarang lebih ergonomis. Dirancang supaya penggunanya mudah mengendalikan motor dan reflek tetap baik. Bagian stang dan Jok menjadi prioritas utama, tentunya agar tidak cepat lelah sehingga reflek tetap baik. Contoh pemasangan balancer. Sebagai peredam getaran dari mesin dan jika terjadi kecelakaan dapat mengurangi resiko kerusakan.
Spoiler for Design Jadul:
Spoiler for Design Modern:
5.CDI pake Limiter. Putaran motor sekarang putaran mesinnya dibatasi. Hanya sekitar 8000-9000rpm. Efeknya kecepatan maksimum berkurang. Berbeda dengan motor dahulu yang top speed dan powernya besar.
Spoiler for CDI:
6.Pemberlakuan rendah emisi dan isu kelangkaan minyak juga mempengaruhi. Otomatis pabrikan akan membuat motor yang efisien, otomatis tenaga akan berkurang
sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4066459
Tidak ada komentar:
Posting Komentar